YouTube Uji Coba Fitur Download Video di PC Hingga Kualitas 1080p
ILUSTRASI/NordWood Themes (Unsplash)


Bagikan:

JAKARTA - Pengguna YouTube sebentar lagi tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendownload video dari platform milik Google itu. YouTube saat ini sedang melakukan uji coba fitur untuk mengunduh video dari desktop.

Namun, uji coba ini hanya tersedia bagi pelanggan YouTube Premium hingga 19 Oktober, pengguna yang terpilih juga sekaligus dapat memberi masukan untuk YouTube dalam pengembangan fiturnya.

Melansir The Verge, Sabtu, 25 September, sebenarnya, pilihan unduh video pada aplikasi YouTube sudah tersedia sejak lama pada perangkat ponsel. Oleh karena itu, saat ini YouTube melakukan uji coba agar penggunanya juga dapat mengunduh video pada perangkat PC mereka.

Uji coba fitur tersebut tersedia pada browser Chrome, Edge, dan Opera. Tetapi, fitur ini tidak dapat digunakan pada Safari. Nantinya, video yang sudah diunduh akan muncul pada tab Download yang dapat diakses pada menu di sisi kiri layar PC.

YouTube menyediakan tiga pilihan kualitas unduhan, yakni 1080p untuk kualitas high definition, 720p untuk kualitas sedang, dan 144p untuk kualitas rendah. Sedangkan opsi kualitas 360p dan 4K tidak tersedia.

Video yang telah diunduh juga dapat dihapus, dan akan terhapus secara otomatis jika perangkat tidak memiliki koneksi internet aktif selama 30 hari.

Berbeda dengan situs pihak ketiga, YouTube tidak memberi file video untuk disimpan di hard drive selamanya. Sebagai gantinya, YouTube memberi penonton akses ke versi cache video untuk ditonton secara offline.

Sayangnya belum diketahui pasti kapan fitur ini resmi diluncurkan ke seluruh pengguna global, dan apakah fitur ini juga akan tersedia untuk pelanggan non-premium.