YouTube Diam-diam Naikkan Harga Langganan Premium Rp210 Ribuan per Bulan
Google diam-diam menaikkan harga YouTube Premium, (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Google diam-diam menaikkan harga YouTube Premium, dari 11,99 dolar AS (Rp180 ribuan) menjadi 13,99 dolar AS (Rp210 ribuan) per bulan.

Harga itu ditetapkan untuk pelanggan baru dan lama. Sementara, jika mereka berlangganan dari aplikasi YouTube di iOS, mereka harus merogoh kocek lebih mahal 18,99 dolar AS (Rp285 ribuan) per bulan.

Meski harga ini baru berlaku untuk pengguna di AS, tidak menutup kemungkinan platform streaming video itu juga akan melakukan hal serupa secara global.

“Kami memperbarui harga untuk pelanggan YouTube Premium dan YouTube Music Premium di AS untuk terus memberikan layanan dan fitur yang hebat," kata juru bicara YouTube dalam sebuah pernyataan.

"Kami yakin harga baru ini mencerminkan nilai YouTube Premium yang memungkinkan pelanggan menikmati YouTube bebas iklan dengan pemutaran di latar belakang dan offline, serta akses tanpa gangguan ke lebih dari 100 juta lagu dengan aplikasi YouTube Music," sambungnya.

Kenaikan harga juga berlaku untuk pelajar, namun lebih ringan yang menjadi 7,99 dolar AS (Rp120 ribuan) per bulan dari sebelumnya 6,99 dolar AS (Rp105 ribuan) per bulan.

Satu-satunya paket yang tidak diubah Google adalah paket keluarga YouTube Premium, yang masih dibanderol 22,99 dolar AS (Rp345 ribuan) per bulan.

Sebenarnya paket keluarga itu telah ditingkatkan pada Oktober 2022, lebih mahal 5 dolar AS (Rp75 ribuan) dari sebelumnya, Google membuat kejutan dengan menaikkan harganya secara besar-besaran di AS, Kanada, dan wilayah lainnya.

Pelanggan lama akan mulai melihat harga baru pada siklus penagihan berikutnya. Email yang akan datang menjelaskan perubahan tersebut, seperti dikutip dari 9to5Google dan BGR, Jumat, 21 Juli.

Sebagai informasi, YouTube Premium hadir sebagai langkah untuk menghapus iklan (sambil tetap mendukung konten kreator), mengizinkan pemutaran audio saja untuk video dan download agar bisa diakses secara offline.

Fitur lainnya termasuk kualitas streaming Premium 1080p, menonton bersama di Google Meet, kemampuan untuk menguji fitur sebelumnya, dan beberapa uji coba gratis yang diperpanjang.