YouTube Bakal Punya Opsi Kualitas Streaming 1080p Premium Baru, Apa Kelebihannya?
YouTube dilaporkan sedang menguji kualitas video baru 1080p Premium (foto: Reddit u/KZedUK)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube dilaporkan sedang menguji kualitas video baru 1080p Premium dan dideskripsikan memiliki Bitrate yang ditingkatkan. Fitur ini diklaim akan tersedia untuk pelanggan Premium.

Kualitas 1080p Premium  ini pertama kali terlihat oleh pengguna Reddit u/KZedUK. Fitur ini sepertinya dirancang YouTube untuk menawarkan streaming kualitas 1080p yang sama dengan yang ada saat ini, tetapi memiliki kecepatan bit lebih tinggi untuk menyajikan gambar lebih baik.

"1080p Premium adalah versi bitrate 1080p yang ditingkatkan yang memberikan lebih banyak informasi per piksel yang menghasilkan pengalaman menonton berkualitas lebih tinggi," ungkap juru bicara YouTube kepada The Verge, dikutip Senin, 27 Februari.

Sementara, Tech Today berspekulasi opsi 1080p dengan bitrate tinggi yang baru dapat mengatasi keinginan pengguna untuk menonton video berkualitas lebih tinggi, yang mereka atasi dengan beralih ke opsi streaming 1440p atau 2160p (4K) bila tersedia.

Namun, seorang Redditor mengatakan mereka dapat mengonfirmasi streaming berjalan sekitar 14Mbps, yang biasanya hanya 8Mbps.

Opsi baru ini dapat mengimbangi biaya pengoperasian YouTube guna memenuhi keinginan pengguna untuk menonton video berkualitas lebih tinggi dari perangkat seluler.

Sebab, terdapat laporan pengguna di mana bitrate pada beberapa konten YouTube akhir-akhir ini lebih rendah, kemungkinan akibat perusahaan sedang menguji fitur baru ini.

Ditambah, CEO lama YouTube Susan Wojcicki belum lama ini mengundurkan diri setelah sembilan tahun memimpin, jadi dipastikan akan ada perubahan dalam strategi bisnis perusahaan.

Sebagai informasi, bitrate menentukan seberapa besar atau kecil file video digital dan seberapa banyak kompresi yang ditampilkan saat streaming, lebih tinggi lebih baik.

Kecepatan bingkai, di sisi lain, menentukan berapa banyak yang akan pengguna lihat per detik, di mana angka yang lebih tinggi terlihat lebih halus.

Fitur baru ini, seperti yang ditampilkan, kemungkinan besar akan ditawarkan pada YouTube Premium, yang juga memiliki beberapa fitur unggul seperti menghapus iklan dari video, akses ke pemutaran di latar belakang, pengunduhan video offline, dan YouTube Music Premium dengan harga Rp183 ribuan per bulan.