Xbox Kedatangan Pembaruan Edge yang Bisa Akses Discord Langsung di Web
Peningkatan Edge juga mendukung mouse dan keyboard. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Versi terbaru dari browser Chromium Edge akhirnya resmi diluncurkan Microsoft ke Xbox. Setelah enam bulan pengujian, versi Chromium Edge sekarang tersedia untuk semua konsol Xbox One dan Xbox Series S / X.

Pembaruan itu memungkinkan pemilik Xbox untuk melakukan streaming gim Google Stadia, mengakses Discord di web, dan banyak lagi. Versi Xbox dari Edge terlihat hampir identik dengan versi yang tersedia di PC atau Mac. Bahkan termasuk fitur seperti tab vertikal dan Collections.

Seperti Edge di PC dan seluler, versi Xbox juga menyinkronkan semua pengaturan, favorit, tab, dan riwayat web. Satu-satunya fitur yang benar-benar hilang adalah ekstensi, dan kemampuan beralih ke mode pengembang untuk mengubah User Agent atau mengakses konsol.

Peningkatan Edge juga mendukung mouse dan keyboard, sehingga pengguna dapat mengakses hal-hal seperti Word atau Excel secara online, atau bahkan gim Google Stadia melalui keyboard dan mouse atau pengontrol Xbox.

Meskipun Xbox belum memiliki aplikasi Discord, pengguna dapat mengakses versi web dengan Edge versi baru ini. Discord akan memungkinkan pengguna bergabung dengan panggilan suara dan berpartisipasi dalam obrolan saluran teks, tetapi sayangnya dukungan mikrofon tidak tersedia.

Browser Edge baru ini merupakan peningkatan besar dari apa yang ada di Xbox sebelumnya, dan pengguna bahkan dapat menggunakannya untuk mengakses gim Steam PC atau gim web seperti Krunker atau Quake JS.

Sedangkan Nvidia anehnya masih memblokir akses ke layanan streaming GeForce Now melalui Edge. Perusahaan beralasan bahwa mereka hanya sedang menyelidiki dukungan browser Edge untuk masa depan. Demikian dikutip dari The Verge, Jumat, 24 September.