YouTube Music Bakal Hentikan Penggunaan Lokasi dalam Memberikan Rekomendasi Musik
YouTube music hentikan berikan rekomendasi lagu berdasrkan lokasi pengguna (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu cara YouTube Music menawarkan rekomendasi musik untuk penggunanya adalah dengan mengetahui lokasi mereka saat ini. Beberapa hari lalu, Google memutuskan untuk menghentikan penggunaan lokasi untuk memberi rekomendasi musik, mulai akhir bulan September. 

"Pada tanggal 26 September, kami akan menghentikan penggunaan lokasi yang tepat sebagai salah satu input tersebut. Lebih lanjut tentang apa yang terjadi di bawah ini," kata salah satu tim YouTube, Hazel melalui pengumumannya di Support Google Community

Sebelumnya, jika Anda telah memilih izin lokasi aplikasi YouTube Music dan Riwayat Lokasi Google, perusahaan akan menggunakan lokasi Anda untuk mempersonalisasi pengalaman musik Anda. 

Misal, jika Anda sedang di gym, YouTube Music akan memberikan daftar putar untuk latihan di gym, Focus Supermix di tempat kerja, atau daftar putar Bersantai untuk bersantai di rumah. 

Namun, Hazel mengungkapkan bahwa Google telah menemukan cara lain yang lebih tepat untuk penggunanya menemukan musik yang sesuai. Jadi sekarang, Anda dapat menemukan musik untuk berolahraga, fokus, dan aktivitas lainnya dalam bilah aktivitas di bagian atas Beranda. 

"Kami pikir ini adalah pendekatan yang lebih baik untuk membantu Anda mengisi suara hari Anda," tambahnya. 

Dengan menghentikan penggunaan lokasi di YouTube Music. Google akan menghapus semua rekomendasi berbasis lokasi yang tepat, setelan lokasi, dan izin aplikasi. 

"Kami juga menghapus semua data YouTube Music yang berasal dari lokasi persis Anda. Perubahan ini akan mulai berlaku pada 26 September," tutup perusahaan. 

Perlu dicatat bahwa fitur lain seperti rekomendasi lagu berdasarkan cuaca di negara tempat Anda tinggal tidak akan berpengaruh.