Cara Menghentikan YouTube Music Menyimpan Riwayat Lagu yang Sering Anda Putar
Cara Menghentikan YouTube Music Menyimpan Riwayat Lagu yang Sering Anda Putar (SAPO Tek)

Bagikan:

YOGYAKARTA - YouTube Music menjadi salah satu platform turunan dari YouTube. Dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat mendengarkan berbagai musik yang Anda suka atau lagu-lagu baru yang sedang hits.

Untuk mencari lagu tertentu di YouTube Music, pengguna hanya perlu menulis lagu yang ingin didengarkan pada kolom pencarian dan Anda bisa menemukan berbagai macam versi dari lagu yang Anda cari.

Setelah itu, Anda dapat memilih salah satu lagu dan mendengarkannya sambil melakukan aktivitas lain, atau duduk santai sambil mendengarkannya dengan rileks.

Saat melakukan pencarian lagu, pengguna biasanya akan diberikan rekomendasi mengenai lagu tertentu, atau riwayat pencarian yang pernah Anda lakukan sebelumnya.

Bagi banyak pengguna, riwayat pencarian tersebut dapat membantu mereka untuk menemukan lagu yang dicari dengan mudah. Akan tetapi tidak jarang juga pengguna yang merasa terganggu.

Namun, jika riwayat pencarian yang muncul di YouTube dirasa mengganggu, pengguna bisa menghentikan sementara riwayat pencarian yang Anda lakukan supaya Anda lebih nyaman.

Untuk menghentikan rekomendasi dan riwayat pencarian di YouTube Music, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang telah dirangkum oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Pause Riwayat Pencarian di YouTube Music

Untuk membuat rekomendasi music tidak muncul di riwayat pencarian YouTube Music Anda, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah membuka aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Selanjutnya, klik ikon profil yang ada di pojok kanan atas dan pilih Pengaturan pada menu yang tersedia.

Setelah itu, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi Privasi dan Lokasi, jika menggunakan smartphone atau opsi Privasi, jika Anda membuka YouTube Music menggunakan peramban.

Pilih opsi tersebut, sehingga Anda akan dialihkan ke menu "Jeda Riwayat Tontonan" atau "Pause Watch Hystory". Untuk mematikan riwayat musik yang Anda dengarkan, klik ikon toggle yang berada di samping menu tersebut.

Dengan demikian riwayat musik yang Anda dengarkan tidak akan muncul ketika Anda melakukan pencarian di kolom pencarian YouTube Music. Hal itu pun dapat membantu Anda untuk menemukan lagu yang sesuai dengan keinginan Anda.

Itu tadi cara untuk menghentikan sementara riwayat pencarian yang Anda lakukan di YouTube musik, supaya tidak ada menu rekomendasi musik di kolom pencarian yang bagi sebagian pengguna justru mengganggu.

Apabila Anda ingin menghidupkan kembali riwayat pencarian di YouTube Music, pengguna bisa melakukan langkah di atas, dan matikan toggle pada "Pause Watch History" di bagian akhir.