Deretan Aplikasi untuk Transfer Playlist Spotify Kamu ke YouTube Music
Transfer playlist dari Spotufy ke Youtube Music mudah dilakukan. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Platform streaming musik semakin banyak pilihan seiring berkembangnya zaman, dan saat ini yang paling diminati adalah Spotify dan YouTube Music.

Spotify merupakan pilihan yang bagus jika Anda mencari berbagai musik dan genre, karena aplikasi ini memiliki perpustakaan lagu yang sangat banyak untuk dipilih.

Di Spotify, Anda juga dapat membuat daftar putar khusus dan mendengarkan musik secara offline jika Anda memiliki akun premium.

Sementara YouTube Music adalah pilihan yang sangat baik jika Anda ingin menonton video klip dari penyanyi yang Anda dengarkan, dan Anda juga dapat menonton konser musik virtual di platform milik Google itu.

YouTube Music juga memiliki perpustakaan lagu yang cukup banyak, tetapi Anda mungkin perlu meningkatkan ke akun premium untuk mendengarkannya secara offline.

Jika Anda penggemar Spotify tetapi ingin menjajal YouTube Music, Anda pasti bertanya-tanya bagaimana memindahkan daftar putar lagu Anda dari kedua platform musik ini.

Dan ternyata itu mudah dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Simak cara mudahnya di bawah ini yang dikutip dari KYM, Selasa, 13 Desember.

1. Playlist Buddy

Anda bisa menggunakan Playlist Buddy untuk memindahkan daftar putar lagu di Spotify ke YouTube Music Anda, dan ini dapat diakses secara gratis melalui browser. Anda bisa login menggunakan akun di kedua platform tersebut, tetapi juga dapat membuat akun langsung di Playlist Buddy secara gratis.

Setelah Anda masuk ke kedua akun, Anda memilih daftar putar Spotify mana yang ingin Anda transfer, dan Playlist Buddy akan melakukan sisanya. Dalam beberapa menit, playlist Anda akan tersedia di YouTube Music.

Tentu saja, ada beberapa peringatan. Daftar Putar Buddy hanya dapat mentransfer daftar putar Spotify publik, jadi jika Anda memiliki daftar putar pribadi, Anda harus membuatnya menjadi publik terlebih dahulu.

2. PlaylistConvert

Jika Anda adalah pengguna Spotify dengan perpustakaan musik yang besar, Anda mungkin tertarik untuk memindahkan daftar putar Anda ke YouTube Music. Anda bisa menggunakan PlaylistConvert.

Itu adalah alat online gratis yang dengan cepat dan mudah mentransfer daftar putar Spotify Anda ke YouTube Music. Prosesnya sederhana, Anda bisa login dengan akun Spotify Anda, pilih daftar putar yang ingin Anda transfer, dan pilih YouTube Music sebagai tujuan Anda.

3. TuneMyMusic

Terakhir, TuneMyMusic yang merupakan situs web untuk mentransfer daftar putar Spotify ke YouTube Music secara berkelompok hanya dengan beberapa klik. TuneMyMusic menyediakan paket gratis. di mana Anda bisa mentransfer hingga 500 lagu dan tidak menawarkan opsi sinkronisasi.

Namun, jika Anda ingin mentransfer lebih dari 500 lagu dan ingin daftar putar disinkronkan, Anda harus membayar versi premium.

Perlu dicatat, TuneMyMusic hanya akan mentransfer playlist itu sendiri, bukan lagu yang sebenarnya. Jadi, jika Anda memiliki lagu di playlist Spotify yang tidak tersedia di YouTube Music, lagu tersebut akan dilewati selama proses transfer.