Akhir Tahun Ini, YouTube Music Gantikan Google Play Music di Android
Ilustrasi Google Play (Image by William Iven from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Google telah memutuskan untuk menghentikan layanan streaming musiknya, yakni Google Play Music pada Desember 2020 mendatang. Dalam update terbarunya, Google menggantikan layanan ini dengan YouTube Music.  

Dilansir dari Tech Radar, Rabu 5 Agustus, sejak akhir Mei lalu, Google telah mengumumkan rencana untuk menghentikan operasional dari layanan Google Play Music. Penggunanya pun diminta untuk memindahkan library musiknya ke platform YouTube.

Selandia Baru dan Afrika Selatan akan menjadi negara pertama yang tak lagi mendapatkan layanan dari Google Play Musik. Secara bertahap, Google akan menghentikan layanannya di region lain, hingga bulan Oktober mendatang.  

Mulai akhir bulan ini, Google juga tak akan lagi menerima pembayaran untuk pembelian musik dari aplikasi Play Store-nya. Untuk itu hingga beberapa bulan kedepan, Google mengimbau penggunanya untuk memindahkan seluruh isi perpustakaan mereka ke layanan baru, termasuk daftar putar, artis, album, lagu, konten yang dibeli, rekomendasi, dan unggahan.

Selama proses pemindahan itu, Google masih memperbolehkan penggunanya untuk memanfaatkan layanan Play Music hingga benar-benar dihentikan. Menjelang penutupan layanan, Google juga berjanji bahwa mereka akan memberi banyak pemberitahuan sebelum Play Music ditutup.

Google Play Music dirilis pada 2011. Layanan ini memungkinkan pengguna unruk menyimpan koleksi musik mereka di layanan penyimpanan cloud dan membeli lebih banyak lagu untuk diunduh.

YouTube Music sendiri merupakan rebranding dari Google Play Music yang sudah ditambahkan sebagai aplikasi bawaan, sejak OS Android 10. "Kami membuat keputusan, hanya masuk akal untuk memiliki YouTube Music," kata Kepala Produk Brandon Bilinski dalam satu wawancara dengan BBC.

Berikut VOI telah merangkum cara mentransfer daftar isi lagu dari Google Play Music ke YouTube Music: 

1. Unduh aplikasi YouTube Music (Android).

2. Klik pada gambar profil Anda di sudut kanan atas. 

3. Sentuh Pengaturan.

4. Pilih Transfer dari Google Play Music.

5. Selanjutnya proses transisi akan berlangsung dan akan segera muncul di layar beranda YouTube Music, dan Google akan memberi tahu Anda ketika transfer daftar putar musik Anda selesai.