JAKARTA – Meta meluncurkan kemampuan trial Reels bagi para kreator di Instagram. Dengan adanya fitur baru ini, kreator bisa menguji konten dan melihat apakah kontennya menunjukkan hasil yang diinginkan.
Fitur ini dapat mempermudah para kreator yang ingin mendapatkan feedback dari konten yang mereka buat tanpa melibatkan pengikut. Selama pengujian konten, Instagram akan menampilkan kontennya ke orang-orang yang tidak mengikuti kreator.
"Jika Anda ingin bereksperimen dengan ide-ide baru tanpa khawatir tentang bagaimana reaksi pengikut Anda, trial Reels adalah alat yang Anda cari. Trial Reels membantu menghilangkan keraguan tentang bagaimana konten Anda akan berkinerja," kata Meta.
Trial Reels bisa dijadikan ajang eksperimen oleh para kreator. Ketika mereka ingin beralih genre, format cerita, atau topik yang baru, mereka mungkin khawatir akan kehilangan minat dari para pengikut. Maka dari itu, fitur trial ini hanya menyasar non-followers.
Ketika kreator puas dengan hasil video yang mereka uji, mereka bisa memilih untuk membagikan kontennya ke para pengikut. Dalam satu ketukan, konten berbentuk Reels tersebut akan dibagikan secara otomatis ke para pengikut.
VOIR éGALEMENT:
Untuk mengikuti trial Reels, kreator hanya perlu mengikuti tahapan mengunggah Reels seperti biasa. Setelah itu, aktifkan tombol Uji Coba sebelum Reels dibagikan. Konten yang diunggah bisa dilihat di Profil, tetapi hanya kreator yang bisa melihatnya.
"Reels tersebut tidak akan ditampilkan kepada orang lain di kisi utama profil Anda atau tab Reels kecuali Anda memutuskan untuk membagikannya kepada semua orang, dan pengikut Anda tidak akan melihat Reels uji coba di umpan atau tab Reel mereka," jelas Meta.
Setelah 24 jam trial dilakukan, kreator bisa melihat metrik keterlibatan utama di penampil cuplikan yang berisi jumlah penayangan, suka, komentar, dan berbagi. Instagram juga bisa membandingkan metrik uji coba pada konten uji coba terbaru dengan konten yang diuji coba sebelumnya.