Meta Rombak Ulang Pembayaran Ads on Reels Agar Kreator Lebih Banyak Cuan di Instagram dan Facebook
Meta memperluas dan memperbarui pengujian program monetisasi Ads on Reels. (foto: dok. meta)

Bagikan:

JAKARTA - Meta memperluas dan memperbarui pengujian program monetisasi Ads on Reels, agar lebih banyak kreator menghasilkan cuan untuk konten mereka di Facebook maupun Instagram.

Perusahaan mulai menguji Ads on Reels pada Facebook tahun lalu sebagai cara bagi kreator untuk mendapatkan uang dari karya mereka.

Sekarang, Meta akan mengundang ribuan kreator lagi untuk bergabung dalam program tersebut, termasuk kreator yang sebelumnya berpartisipasi dalam program bonus Reels Play di Facebook, yang belum lama ini ditutup.

Meta juga mulai menguji program Ads on Reels di Instagram dalam beberapa minggu mendatang. Selain itu, model pembayaran baru juga sedang diuji coba dengan membayar kreator berdasarkan kinerja Reels mereka, bukan penghasilan iklan di Reels mereka.

Artinya, kreator dapat berfokus untuk membuat konten yang menarik, sementara Meta mengoptimalkan pengalaman iklan untuk pengiklan dan orang-orang.

Pembayaran ditentukan oleh jumlah permainan, yang berarti semakin baik kinerja Reels kreator, semakin banyak kreator yang dapat menghasilkan. Seiring waktu, Meta mungkin melihat faktor lain saat menentukan pembayaran.

"Kami mempelajari pembayaran yang dikaitkan dengan kinerja lebih baik dalam menyeimbangkan kebutuhan semua orang. Banyak variabel di luar kendali kreator yang biasanya memengaruhi pendapatan iklan mereka, seperti berapa banyak iklan yang telah ditampilkan kepada orang yang melihat konten mereka atau apakah ada iklan yang relevan untuk ditayangkan kepada penonton tersebut," ujar Meta dalam postingan blog resminya, dikutip Rabu, 10 Mei.

"Dengan model berbasis performa, kreator dapat berfokus pada konten yang selaras dengan penontonnya dan membantu mereka berkembang, pengiklan mendapatkan akses ke lebih banyak inventaris iklan untuk menjangkau lebih banyak orang dan orang mendapatkan pengalaman menonton yang lebih konsisten dengan iklan yang lebih relevan," sambungnya.

Semua kreator yang mengikuti pengujian akan secara otomatis ditambahkan ke model pembayaran baru, dan selama beberapa minggu mendatang, kreator yang sebelumnya menguji Ads on Reels pada Facebook akan dialihkan.

Lebih lanjut, Meta juga akan mulai menguji Ads on Reels pada Instagram dengan model pembayaran berbasis kinerja yang serupa untuk beberapa kreator dan pengiklan di pasar tertentu.

"Kami juga berencana untuk mulai menguji model pembayaran berbasis performa untuk iklan In-Stream di Facebook dengan sekelompok kecil kreator," ungkap Meta.

Agar memenuhi syarat untuk undangan di Facebook, kreator harus tinggal di salah satu dari 52 negara, termasuk Indonesia, Amerika Serikat (AS) serta Korea Selatan dan memenuhi beberapa persyaratan minimum.

Kreator memenuhi syarat yang sebelumnya menjadi bagian dari program bonus Reels Play di Facebook dapat menerima undangan dalam beberapa minggu mendatang.

Setelah ditambahkan ke pengujian, untuk memperoleh penghasilan dari Ads on Reels, kreator harus menyelesaikan proses orientasi yang mencakup menerima ketentuan penggunaan dan memberikan detail pembayaran.

Dari sana, mereka hanya perlu terus membuat Reels yang menarik agar dapat menghasilkan cuan.

Untuk memeriksa apakah kreator adalah bagian dari program awal ini di Facebook, kunjungi Dasbor Profesional dan buka bagian Alat Monetisasi. Jika diundang, kreator akan melihat opsi Ads on Reels dan mereka dapat memilih Siapkan untuk memulai aktivasi.