Meta Perkenalkan Mode Profesional Baru yang Bikin Konten Kreator Panen <i>Cuan</i> Lebih dari TikTok
Meta baru saja memperkenalkan mode Profesional. (foto: facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Media sosial akhir-akhir ini sering kali membuat jejaring mereka menjadi penghasil cuan bagi penggunanya, yang terbaru kini adalah Meta dengan seluruh jajaran media sosialnya.

Meta baru saja memperkenalkan mode Profesional, ini dirancang untuk digunakan oleh konten kreator yang ingin memonetisasi pengikut mereka di jejaring sosial. Mode itu akan memberi konten kreator peluang menghasilkan uang tambahan dan memperluas jangkauan yang sebelumnya hanya tersedia untuk Facebook Page.

Mode Profesional ini nantinya akan memberikan kemampuan bagi konten kreator untuk berpartisipasi dalam program bonus Reels Play baru, di mana beberapa dari mereka akan dapat memperoleh hingga 35.000 dolar AS per bulan berdasarkan penayangan untuk konten video berdurasi pendek mereka.

Namun saat ini, akses ke program tersebut hanya untuk pengguna undangan di AS, artinya Meta akan menentukan siapa konten kreator yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus, sebagaimana dikutip dari TechCrunch, Kamis, 9 Desember.

Lebih lanjut, mode profesional juga akan tersedia untuk konten kreator pemilik Facebook Page. Ini termasuk akses ke unggahan, audiens, dan wawasan profil. Misalnya, konten kreator sekarang dapat melihat jumlah total share, reaksi, dan komentar dari unggahan mereka dan dapat melihat pertumbuhan pengikut mereka dari waktu ke waktu.

Hal ini memungkinkan konten kreator untuk membuat konten yang beragam dan bagaimana hal itu beresonansi dengan audiens mereka. Sementara itu, banyak konten kreator sudah menggunakan profil Facebook alih-alih Page untuk menarik penggemar dan pengikut.

Meski begitu, Meta memperingatkan bahwa siapa saja yang memutuskan untuk ikut serta dalam pengalaman baru ini akan membuka diri mereka untuk menjadi lebih dari sosok figur publik di jejaring sosial. Artinya, siapa pun dapat mengikuti mereka dan melihat konten publik yang diunggah ke feeds mereka, tetapi mereka dapat menandai unggahan itu sebagai publik atau hanya teman.

Beberapa perubahan ini terjadi pada saat Meta berinvestasi besar-besaran untuk penggunanya, karena ia melihat potensi dalam sumber pendapatan baru. Perusahaan sebelumnya berencana untuk memikat konten kreator dengan pembayaran 1 miliar dolar AS, dan bonus Reels, itu karena persaingan untuk bakat pencipta memanas dengan TikTok, YouTube, Twitter, Snapchat, dan lainnya.