Pinterest Kembali Kucurkan Dana Rp17,2 Miliar untuk Gaet Konten Kreator
Pinterest berencana untuk memperluas Creator Fund di luar AS pada paruh kedua di 2022. (foto: Dok. Pinterest)

Bagikan:

JAKARTA - Di saat platform berlomba-lomba membayar konten kreator, Pinterest juga kembali mengucurkan dana tambahan 1,2 juta dolar AS atau setara Rp17,2 miliar pada Creator Fund.

Nantinya dana tersebut akan dibagikan pada konten kreator lewat uang tunai, kredit iklan, dan lainnya untuk konten kreator yang kurang terwakili.

Tahun lalu saja, debut Pinterest di Creator Fund hanya sebesar 500.000 dolar AS atau setara Rp7,1 miliar, bersama dengan kebijakan konten baru dan fitur lainnya.

Dengan perluasan Creator Fund, Pinterest akan berinvestasi pada konten kreator di seluruh siklus triwulanan yang sekarang berdurasi lima minggu dan fokus pada area konten yang berbeda, termasuk Mode/Kecantikan, Kesehatan, Gaya Hidup/Rumah, dan Makanan.

"Selain hibah tunai, kredit iklan, dan tunjangan peralatan, penerima Creator Fund juga akan diberikan peluang untuk kemitraan merek dan akses ke konferensi yang berfokus pada konten kreator, dan akan mendapatkan tampilan pertama produk Pinterest baru," ujar Pinterest seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa, 29 Maret.

Pinterest berencana untuk memperluas Creator Fund di luar AS pada paruh kedua di 2022. Namun, bahkan dengan peningkatan dana dan komitmen konten kreator lainnya, investasi Pinterest tetap lebih kecil daripada yang dilakukan Meta, YouTube, TikTok, dan Snap.

Sebagai perbandingan, TikTok meluncurkan dana penciptanya sendiri pada 2020 senilai 200 juta dolar AS atau setara Rp2,8 triliun, tetapi akan tumbuh menjadi lebih dari 1 miliar dolar AS setara Rp14,3 triliun selama tiga tahun ke depan. Begitupun Meta yang juga mengucurkan dana dengan nilai serupa untuk program bonus kreator.

Sementara YouTube, tahun lalu mengumumkan dana 100 juta dolar AS setara Rp1,4 triliun untuk kreator Shorts, dengan tujuan khusus menargetkan pengguna TikTok. Dan Snap baru-baru ini mengatakan telah membayar 250 juta dolar AS setara Rp3,5 triliun kepada konten kreator di tiruan TikTok, Spotlight selama 2021.