Jaringan <i>Blockchain</i> Tezos (XTZ) Disebut Lebih Ramah Lingkungan, Harga Kripto XTZ Melambung
Penyebab harga kripto Tezos naik (Tienkythuatso)

Bagikan:

JAKARTA – Harga kripto Tezos (XTZ) mendadak naik. Kenaikan tersebut didorong oleh pengumuman dari PricewaterhouseCoopers Advisory SAS (PwC) yang menyatakan bahwa Tezos lebih ramah lingkungan.

Pengumuman positif dari PwC tersebut mencerminkan peningkatan efisiensi konsumsi energi yang digunakan Tezos termasuk dalam pengurangan jejak karbon maupun energi yang lebih rendah.

Laporan dari PricewaterhouseCoopers lebih menyoroti pengurangan emisi karbon dalam jaringan blockchain Tezos di tengah meningkatnya aktivitas jaringan. Blockchain Tezos dilaporkan menyumbang 50 juta transaksi sementara dalam jaringannya.

Kini efisiensi energi untuk setiap transaksi dalam jaringan Tezos meningkat 70 persen sedangkan perkiraan kebutuhan listrik per transaksi 30 persen lebih rendah dibandingkan tahun 2020 lalu. Sebagai informasi, Tezos merupakan jaringan blockchain yang berfokus pada privasi pengguna.

“Karena semakin banyak merek dan perusahaan yang mempertimbangkan konsumsi energi ke dalam keputusan bisnis, blockchain hemat energi seperti Tezos siap memenuhi kebutuhan mereka dan memberikan operasi yang efisien, aman, dan andal,” ujar Reid Yager selaku direktur komunikasi global di Blokhaus dan pemasaran perusahaan yang terkait dengan Tezos.

Cointelegraph melaporkan bahwa konsumsi energi tahunan jaringan Tezos diperkirakan 0,001 Terawatt hours (TWh), yang dapat diabaikan jika dibandingkan dengan Bitcoin (BTC) sebesar 130 TWh dan Ethereum (ETH) sebesar 26 TWh. Tezos mengkonsumsi hampir 2,5 g setara CO2 per transaksi.

Pihak Tezos sendiri tengah mengamati perkembangan dalam berbagai aktivitas jaringan dan kemitraan baru di seluruh market keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan Non-Fungible Token (NFT). Tezos berhasil menarik perhatian sejumlah pihak seperti Red Bull Racing, McLaren Racing, dan Honda sebagai platform peluncuran NFT mereka.

Blockchain Tezos menyabet gelar blockchain pilihan dari Art Basel Miami Beach untuk pameran ekosistemnya. Tezos yang menggunakan konsesus Proof of Stake (PoS) telah membuat langkah maju dalam konsumsi energi sebagai bagian dari pengurangan jejak karbon.

Saat berita ini ditulis, harga kripto Tezos (XTZ) diperdagangkan di level Rp78.742. Harga XTZ mengalami kenaikan sebesar 28,5 persen dalam 24 jam terakhir sebagaimana laporan data dari Coingecko.