Tezos Gandeng Magic untuk Permudah Akses Dompet Kripto Tanpa Seed Phrase
XTZ, aset kripto milik Tezos. (Foto; Dok. Pymints)

Bagikan:

JAKARTA - Tezos (XTZ), platform blockchain open-source, dan Magic, penyedia solusi dompet Web3, telah mengumumkan integrasi yang akan menangani tantangan Web3 seperti otentikasi dan pengalaman on-boarding. Integrasi ini diharapkan dapat menciptakan lebih banyak kesempatan bagi pengembang untuk membangun solusi inovatif yang ramah pengguna, yang akan mendorong teknologi terdesentralisasi menjadi diterima secara umum.

Sean Li, co-founder dan CEO Magic, menyatakan bahwa kedua perusahaan memiliki kesamaan dalam hal keamanan dan telah memperkenalkan banyak orang ke Web3 melalui merek besar seperti Ubisoft. Dia menekankan bahwa Magic selalu ingin menyederhanakan kompleksitas seputar dompet kripto untuk transaksi multi-chain.

Arthur Breitman, co-founder Tezos, juga menyatakan bahwa kemitraan ini akan membuat aplikasi terdesentralisasi tersedia untuk lebih banyak pengguna. Dengan menggabungkan infrastruktur yang aman dan scalable dari Tezos dengan solusi otentikasi dan dompet yang intuitif dari Magic, mereka membantu pengembang membangun aplikasi terdesentralisasi yang dapat diakses oleh audiens yang lebih luas.

Tezos telah mengungkapkan bahwa akan ada tahap berikutnya untuk integrasi ini, yang melibatkan implementasi alur login Web2 yang terkenal untuk membuat proses onboarding untuk aplikasi yang dibangun di Tezos menjadi lebih mudah.

Dompet Kripto Tanpa Seed Phrase

Berdasarkan kolaborasi dua perusahaan blockchain tersebut dan fungsionalitas yang serupa, Tezos telah dimasukkan ke dalam platform blockchain Magic, yang juga mencakup tokoh-tokoh terkemuka lainnya dalam industri seperti Solana, Ethereum, Polygon, dan Flow.

Integrasi ini telah berhasil mengumpulkan data penting, dengan Magic mendapatkan lebih dari 1500 unduhan ekstensi Tezos mereka. Selain itu, ribuan dompet telah dibuat oleh Magic di blockchain Tezos dalam tahun ini.

Kemitraan ini merupakan upaya Tezos untuk mengakhiri penggunaan kata sandi tradisional dan mengurangi kompleksitas masuk ke dalam wallet kripto, sehingga memberikan kemudahan akses bagi pengguna.

Tezos (XTZ) dan Magic telah memperkuat posisi mereka dengan bekerja sama untuk mengusung pembaruan ke lingkungan Web3. Kemitraan strategis tersebut bertujuan untuk mempermudah pembuatan dompet Web3 dan meningkatkan pengalaman pengguna, dengan menghadirkan solusi yang memungkinkan pembuatan dompet kripto tanpa perlu menggunakan seed phrase, unduhan, atau plug-in.

Informasi tambahan, seed phrase, yang juga dikenal sebagai Secret Recovery Phrase (SRP) atau frasa pemulihan benih, adalah urutan kata yang digunakan untuk membuat cadangan dan memulihkan dompet kripto. Ini adalah representasi dari kunci pribadi alias private key dan memudahkan pengguna dalam mengelola private key tersebut. 

Biasanya, seed phrase biasanya terdiri dari 12 hingga 24 kata yang dihasilkan dalam urutan tertentu dan digunakan sebagai mekanisme cadangan bagi pengguna dompet kripto untuk mendapatkan kembali akses dan kontrol atas dana mereka di rantai blok. Seed phrase sangat penting karena jika lupa kata sandi dompet kripto, seed phrase memungkinkan pemilik untuk memulihkan akses ke aset kripto mereka.