Waspada Ancaman Siber Seiring Perkembangan Investasi Kripto, Pakar Beri Saran Ini!
Tips menghindari ancaman siber aset kripto (foto: Kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Semakin tingginya tren investasi kripto, maka semakin tinggi juga ancamannya. Hal ini terbukti dari laporan Kaspersky yang mengatakan bahwa pada musim semi 2023, mereka berhasil mendeteksi dan menggagalkan lebih dari 85.000 email penipuan, yang mencakup hot and cold wallets.

Lebih lanjut, perusahaan keamanan siber ini juga menyebutkan bahwa kampanye berbahaya ini mencapai puncaknya pada bulan Maret, dengan lebih dari 34.000 pesan berbahaya yang dicegat. 

“Kami menyaksikan lonjakan popularitas aset kripto yang sedang berlangsung, dan dengan itu, kebutuhan pengguna untuk tetap waspada dan menerapkan langkah-langkah keamanan yang kuat untuk melindungi aset digital mereka harus ditingkatkan. Sangat penting untuk memverifikasi keaslian pengirim dan berhati-hati sebelum mengklik tautan apa pun atau menyerahkan informasi sensitif,” kata Roman Dedenok, pakar keamanan di Kaspersky.

Untuk menjaga keamanan aset kripto, pakar Kaspersky juga merekomendasikan hal berikut:

  • Hanya membeli dari sumber resmi: Belilah dompet perangkat keras dari sumber resmi dan tepercaya, seperti situs web pabrikan atau pengecer resmi.
  • Periksa dompet Anda: Pindai dompet perangkat keras baru Anda dari tanda-tanda perusakan sebelum menggunakannya.
  • Verifikasi firmware: Selalu verifikasi bahwa firmware pada dompet perangkat keras adalah sah dan terbaru. Ini dapat dilakukan dengan memeriksa situs web pabrikan untuk versi terbaru.
  • Amankan seed phrase Anda: Saat menyiapkan dompet perangkat keras, pastikan untuk menulis dan menyimpan seed phrase dengan aman. Solusi keamanan yang andal, akan melindungi detail kripto yang tersimpan di perangkat seluler atau PC Anda.
  • Gunakan kata sandi yang kuat: Jika dompet perangkat keras Anda mengizinkan kata sandi, pilih kata sandi yang kuat dan unik. Hindari menggunakan kata sandi yang mudah ditebak atau menggunakan kembali kata sandi dari akun lain.