Meta Perluas Mode Profesional Facebook dengan Tambahan Fitur Baru
Perluasan mode profesional Facebook (foto: Meta)

Bagikan:

JAKARTA - Meta mengumumkan perluasan mode profesional Facebook untuk memberikan peluang bagi konten kreator yang ingin melakukan monetisasi kontennya. 

"Ini (ekspansi) termasuk fitur baru yang membuka lebih banyak peluang dan fitur monetisasi untuk mendukung kreator berkembang di Facebook," kata Meta dalam pengumumannya di website resmi Meta for Creators. 

Perusahaan itu meyakini bahwa Facebook adalah tempat konten asli yang berkualitas tinggi, yang pastinya dapat memicu percakapan seru untuk menyatukan dengan minat yang sama. 

Jadi, dengan adanya mode profesional ini, pengguna diharapkan dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan untuk membangun pengikut publik, mendulang pendapatan dari berbagai program monetisasi, dan terhubung dengan pemirsa melalui cara yang lebih bermakna.

Sebagai bagian dari perluasan, Meta meluncurkan program baru dan menguji format baru bagi kreator untuk menghasilkan uang, di antara lain adalah:

  • Kreator di AS sekarang bisa mengajukan permohonan untuk bergabung dalam Reels Play, program bonus yang memungkinkan Anda menghasilkan uang dari reel Facebook yang Anda bagikan.
  • Meta akan membuka akses Stars ke lebih banyak kreator yang memenuhi syarat di mode profesional. Nantinya, Stars bisa dikirim dan diterima di Facebook Reels, Video Siaran Langsung, dan Video on Demand dengan format baru seperti postingan Foto dan Teks.
  • Iklan in-stream juga akan diluncurkan secara berkelanjutan kepada kreator mode profesional yang memenuhi syarat, sehingga kreator bisa menghasilkan uang dengan mengaktifkan iklan sebelum, selama, atau setelah video on demand di Facebook. 
  • Langganan akan diperkenalkan dan diuji di mode profesional agar penggemar bisa meningkatkan dukungan mereka untuk karyanya, serta memberi kesempatan untuk mempererat hubungan dengan pengikut paling setia melalui konten khusus pelanggan. 

"Kami juga menguji Iklan di Facebook Reels di mode profesional kepada sekelompok kreator di seluruh dunia," ujar perusahaan itu. 

Format iklan yang dimaksud adalah dengan menempatkan iklan di reel atau di antara pemutaran ulang reel. Jadi, kreator dapat menghasilkan uang sekaligus menghibur penggemar.