Alasan Akun Instagram Anda Bisa Terkena Suspend dan Cara Mengembalikannya
DOK/INSTAGRAM

Bagikan:

JAKARTA - Instagram malam ini membuat pengguna panik. Sebagian dari akun mereka terkena suspend atau penangguhan akun.

Dari pantauan VOI, ternyata pengguna tidak hanya mengalami penangguhan akun, mereka sebagian juga terdampak pengurangan pengikut atau followers. Ada juga yang tidak dapat melihat postingan di feeds maupun di beranda.

Melihat situs Down Detector, layanan berbagi foto dan video milik Meta itu dilaporkan tumbang mulai pukul 20.15 WIB, Senin, 31 Oktober. Peristiwa ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi pengguna di Amerika Serikat (AS), Inggris dan lainnya mengalami hal sama.

Menanggapi kondisi itu, Instagram meminta maaf karena layanannya tidak bisa diakses oleh pengguna, dan kini sedang menyelidikinya.

"Kami menyadari bahwa beberapa dari Anda mengalami masalah saat mengakses akun Instagram Anda. Kami sedang menyelidikinya dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. #instagramdown," tweet @InstagramComms.

Meski Instagram mengakui layanannya sedang mengalami error, Anda juga perlu mengetahui mengapa sebuah akun di Instagram bisa ditangguhkan.

Melansir TechBloat, Instagram sudah mencantumkan beberapa alasan yang dapat menyebabkan akun ditangguhkan. Utamanya, pengguna harus mematuhi Ketentuan Penggunaan Instagram dan pedoman komunitas. Berikut penjelasannya:

1. Memposting konten tidak pantas yang bertentangan dengan kebijakan Instagram.

2. Membuat akun palsu yang meniru identitas seseorang.

3. Berhenti mengikuti atau telah mengikuti lebih dari 150 hingg 200 orang dalam sehari.

4. Menggunakan karya berlisensi tanpa izin atau kredit.

5. Membeli like dan menambahkan pengikut palsu.

6. Menggunakan aplikasi atau alat untuk menyukai dan mengomentari postingan secara agresif. Instagram tidak mengizinkan menulis lebih dari 60 komentar dalam satu jam.

7. Penggunaan bahasa kasar dalam komentar.

Meski begitu, dalam kebanyakan kasus, Instagram akan menangguhkan akun untuk jangka waktu tertentu mulai dari satu hingga 48 jam. Anda dapat mengajukan banding ke media sosial tersebut untuk mencabut penangguhan lebih cepat.

Cara Mengembalikan Akun yang Ditangguhkan

Anda perlu menghubungi pusat Bantuan Instagram jika Anda memiliki akun yang ditangguhkan.

1. Buka Pusat Bantuan Instagram.

2. Isi dengan detail yang diperlukan seperti yang diminta seperti nama, alamat email, nama pengguna Instagram dan nomor ponsel.

3. Masukkan alasan yang menyatakan bahwa akun Anda ditangguhkan secara keliru. Kemudian tunggu balasan Instagram Anda. Biasanya akan dikirimkan melalui email Anda.