Cara Amankan Data di Ponsel Android, Agar Tak Dicuri
Pengguna ponsel cerdas diharuskan untuk lebih ekstra melindungi data pribadi mereka di perangkat. (foto: Daniel Romero / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Semakin berkembangnya teknologi, pengguna ponsel cerdas diharuskan untuk lebih ekstra melindungi data pribadi mereka di perangkat. Hal ini guna memastikan informasi mereka tetap aman dan tidak jatuh ke tangan yang salah.

Dan, mengamankan data pribadi di ponsel tentu tidak sulit, sebab banyak cara yang sederhana yang bisa Anda lakukan berikut di bawah ini.

1. Selalu Perbarui Sistem Operasi (OS)

Dengan memperbarui sistem operasi Anda dipercaya dapat menambal kerentanan keamanan yang diketahui dan memperbaiki bug. Namun, jika Anda bukan orang yang rajin memperbarui OS ke versi terbaru, sudah pasti ponsel Anda terbuka terhadap kelemahan yang dapat mengekspos data pribadi ke pelaku kejahatan.

2. Aktifkan Otentikasi Dua Faktor

Untuk menambahkan lapisan keamanan kedua ke akun Android Anda untuk mencegah kata sandi Anda dicuri, Anda perlu mengaktifkan Otentikasi dua faktor atau 2FA. Dengan fitur ini, setelah Anda memasukkan kata sandi, pesan kedua dikirim ke perangkat lain yang meminta untuk memverifikasi bahwa Anda mencoba masuk.

2FA menambahkan sedikit lebih banyak waktu untuk proses login Anda, tetapi memberikan lapisan keamanan ekstra.

3. Gunakan Pengelola Kata Sandi

Jika Anda kesulitan mengingat beberapa kata sandi dan membuat kata sandi unik untuk setiap akun, pengelola kata sandi dapat membantu.

Utilitas ini dapat bekerja dengan 2FA, bisa dengan aman menyimpan kata sandi dan secara otomatis mengisi halaman login. Alat ini juga dapat melindungi Anda dari penipuan phishing yang mengarahkan Anda untuk memasukkan kata sandi ke situs web palsu.

4. Enkripsi Android Anda

Saat perangkat Anda dienkripsi, semua data yang tersimpan di perangkat terkunci di balik kode PIN, sidik jari, pola, atau kata sandi akan diketahui oleh pemiliknya. Tanpa kunci itu, bahkan Google tidak dapat membuka kunci perangkat Anda.

5. Hapus Data Anda dari Google

Android adalah produk Google, jadi data perangkat yang tidak terenkripsi dapat disimpan di server Google. Anda dapat memeriksa dengan Google untuk melihat data apa yang Anda miliki, dan Anda dapat meminta Google untuk menghapus data tersebut.

Prosesnya bisa memakan waktu, tapi itu sepadan dengan usaha, data Anda tidak dapat dicuri jika tidak ada di sistem sejak awal.

6. Ketika Semua Gagal, Bersihkan Ponsel Anda

Jika Anda kehilangan ponsel atau dicuri, Anda dapat menghapus ponsel dari jarak jauh. Ini menghilangkan semua data dari ponsel Anda, jadi jika Anda memiliki sesuatu yang ingin Anda simpan, Anda harus membiasakan mencadangkan ponsel di perangkat terpisah. Demikian dikutip dari CNET, Senin, 31 Oktober.