Deretan Kode Rahasia di HP Android untuk Buka Fitur Tersembunyi, Cobain Yuk!
Ilustrasi HP Android (Foto: Freepik/jannoon028)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian pengguna smartphone Android mungkin belum tahu bila perangkatnya memiliki kode rahasia yang dapat dimanfaatkan untuk membuka fitur tersembunyi. Fitur yang dapat dibuka dengan kode rahasia di HP Android dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai informasi, kode rahasia di HP Android terbagi menjadi dua kategori utama, yakni kode MMI (Man Machine Interface) dan kode USSD (Unstructured Supplementary Service Data).

Kode MMI ditetapkan oleh produsen ponsel dan berguna untuk membuka fitur di dalam smartphone berbasis Android. Sebagian kode tersebut mungkin hanya bekerja dengan perangkat Android tertentu, namun banyak juga yang bisa dipalikasikan pada versi operating system lain.

Sementara kode USSD berkaitan dengan operator. Artinya, pengguna memerlukan koneksi seluler aktif agar dapat mengakses kode tersebut.

Lantas, apa saja kode rahasia di HP Android? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kode Rahasia di HP Android

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sederet kode rahasia di HP Android yang dapat digunakan untuk membuka fitur-fitur tersembunyi:

  • *#06#: Kode ini dapat dimanfaatkan untuk mengecek IMEI (International Mobile Equipment) perangkat Android. IMEI adalah nomor seri unik yang dimiliki oleh setiap ponsel. IMEI berfungsi mengaktivasi operator atau memblokir perangkat bila perangkat hilang atau dicuri. Selain itu, IMEI juga berguna sebagai tanda bahwa perangkat yang digunakan berstatus legal.
  • *#*#4634#*#*: Ini adalah kode yang memungkinkan pengguna untuk melihat tampilan info telepon dan data penggunaan. Ketika pengguna memasukkannya, perangkat akan menampilkan informasi seperti nomor IMS (International Mobile Subscriber Identity) atau detail koneksi seluler, yang mencakup kekuatan sinyal dan kecepatan unggah dan unduh. Data penggunaan yang ditampilkan juga meliputi hal-hal seperti baterai dan terkahir kali berbagai aplikasi digunakan.
  • *#*#232338#*#*: Ketika memasukkan kode ini, pengguna ponsel Android dapat melihat alamat MAC (Media Acces Control). MAC merupakan sidik jari perangkat di jaringan lokal. Umumnya, hal ini tidak perlu dikhawatirkan, tetapi sebagian orang kerap menyembunyikan atau mengubah alamat MAC mereka untuk memaksimalkan privasi dan melindungi ponsel terhadap upaya peretasan.
  • *31#: Kode rahasia di HP Android yang satu ini bisa mencegah ID penelepon pengguna keluar melalui gelombang udara.
  • *43#: Ini adalah kode yang berfungsi mengalihkan panggilan tunggu.
  • *#*#7780#*#*: Ini adalah kode yang berguna untuk melakukan reset ke setelah pabrik. Akan tetapi, perlu diingat bahwa sebelum reset ke setelan pabrik, perangkat Android harus dicadangkan terlebih dahulu sebab data yang tersimpan di ponsel akan hilang.
  • *#*#0842#*#*: Kode rahasia di HP Android yang satu ini dapat digunakan untuk menguji fungsi getaran dan lampu latar.
  • *#*#232339#*#*: Kode ini dapat dimanfaatkan untuk menguji koneksi WiFi. Cara ini bisa dipakai bila pengguna tidak ingin menggunakan aplikasi penguji WiFi yang tersedia di Google Play Store, sebab terkadang aplikasi dapat mengambil data pengguna.
  • ##067333 atau ##0289##: Kode ini dapat digunakan untuk melakukan pengujian audio dan melodi.
  • ##463##: Kode rahasia di HP Android ini dapat menampilkan informasi tentang baterai, status WLAN, dan statistik penggunaan.

Cara Memasukkan Kode Rahasia di HP Android

Setelah mengetahui informasi tentang kode rahasia di HP Android, hal lain yang perlu Anda tahu adalah cara memasukkan kode tersebut ke dalam perangkat.

Caranya sangat mudah, pengguna cukup mengetikkan tanda bintang (*) dan diakhiri dengan tanda pagar (#), yang memberi tahu aplikasi bahwa pengguna tidak sedang menelepon seseorang.

Demikian informasi tentang kode rahasia di HP Android. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.