Apple Akan Rilis iPhone 15 Tanpa Tombol Volume dan Daya Tahun Depan
Ilustrasi Photo iPhone 14 (foto: dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple diduga akan membawa perubahan pada iPhone 15 Pro dan Pro Max tahun depan, di mana tombol volume dan tombol daya tidak akan disertakan secara fisik melainkan dengan tombol solid-state.

Tombol solid-state pertama kali dirilis untuk iPhone 7, di mana pengguna tidak dapat menekannya secara fisik melainkan akan mendapatkan umpan balik haptic atau bergetar sebagai respon terhadap sentuhan.

iPhone 8 serta model generasi kedua dan ketiga dari iPhone SE juga dilengkapi dengan tombol solid-state yang ditenagai Taptic Engine.

Dugaan ini berasal dari laporan analis Apple paling andal Ming-Chi Kuo. Dalam tweet-nya, dia mengatakan Apple akan menambahkan Taptic Engine di sisi kiri dan kanan dari dua model iPhone 15 kelas atas untuk memberikan umpan balik.

Menurut Kuo, Apple bertujuan untuk membuat pengguna merasa seperti mereka menekan tombol fisik. Tombol di kedua sisi itu akan membawa jumlah Taptic Engine di dalam iPhone 15 dari satu menjadi tiga.

Kuo tidak menyebutkan apakah Apple akan menanamkan Taptic Engine di iPhone 15 atau iPhone 15 Plus, jadi kedua model ini mungkin memiliki tombol daya dan volume yang sama.

Melansir The Verge, Senin, 31 Oktober, Taptic Engine juga digunakan Apple untuk mengaktifkan penekanan keyboard haptic di iOS 16, serta pada trackpad Force Touch di MacBook.

Selain menyematkan Taptic Engine, Apple juga dirumorkan akan menghapus merek iPhone Pro Max menjadi Ultra, membawa Dynamic Island ke semua model iPhone-nya bukan hanya versi Pro, dan iPhone 15 juga akan menjadi ponsel pertama perusahaan yang menggunakan USB-C sebagai konektor pengisi daya.