6 Fitur di Tombol Volume iPhone selain Atur Suara, Punya Fungsi Tersembunyi
Ilustrasi fitur di tombol volume iPhone (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Masih banyak pengguna iPhone yang mengira tombol volume di bagian kiri bodi ponsel hanya berfungsi untuk memperbesar suara. Padahal tombol tersebut dihadirkan tidak hanya untuk mengatur volume suara, namun mempunya berbagai fungsi menarik lainnya. Lantas apa saja fitur di tombol volume iPhone?

Para pemilik smartphone produk Apple wajib tahu fungsi rahasia tombol volume iPhone. Ada berbagai fitur di tombol volume iPhone berfungsi sebagai shortcut untuk memudahkan dan mempercepat dalam pengoperasian beberapa keperluan di ponsel. 

Fitur di Tombol Volume iPhone

Jika selama ini Anda hanya menggunakan tombol volume iPhone untuk mengatur volume (besar-kecil), Anda harus tahu berbagai fitur tersembunyi pada tombol tersebut. Apple membekali tombol volume di samping bodi ponsel untuk berbagai aktivitas, seperti panggilan darurat, merekam video, hingga memindai dokumen. 

Berikut ini beberapa fungsi di tombol volume iPhone:

Mengambil Foto dan Merekam Video

Salah satu fungsi tombol volume adalah untuk mengambil foto. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi Kamera. Kemudian tekan tombol volume untuk menjepret atau memotret foto menggunakan kamera belakang.

Penggunaan tombl volume untuk merekam video juga cukup mudah. Anda hanya perlu membuka kamera kemudian beralih ke mode video, lalu tekan tombol volume untuk memulai atau menghentikan perekaman video. 

Memindai Dokumen

Banyak pemilik iPhone mungkin tidak menyadari bahwa ada fitur scanner yang bisa dijalankan dengan menggunakan tombol volume. Cara melakukan scan ini cukup mudah, yakni buka aplikasi kamera dan tekan tombol volume untuk memotret gambar dokumen. 

Anda juga dapat menggunakan metode ini dengan memilih Mode Pindai. Kemudian sesuaikan sudut pemindaian dengan cara menyeret sudutnya, agar gambar yang diambil bisa pas seperti keinginan. Jika sudah terscan, tinggal ketuk Simpan Pindai.

Memblokir FaceID atau TouchID

Apple sudah lama terkenal membekali sistem keamanan tingkat tinggi pada ponselnya. Fitur untuk memblokir akses ke iPhone kini juga dihadirkan dengan cara mudah. Anda bisa memblokir FaceID atau TouchID hanya dengan menekan tombol kunci samping atau tombol volume selama dua detik. 

Dengan menekan dan menahan tombol tersebut, layar akan teraktivasi untuk memanggil layanan darurat. Setelah penggeser muncul, Anda dapat menggunakan tombol samping untuk mengunci FaceID atau Touch ID.

Matikan Alarm

Fungsi lain dari tombol volume iPhone adalah bisa digunakan untuk mematikan alarm. Jadi ketika alarm berbunyi, Anda dapat menekan pemberitahuan dering alarm secara lama untuk memilih opsi Tunda atau Hentikan alarm. Jika ingin menunda alarm, cukup tekan salah satu tombol volume, dan alarm akan berbunyi kembali setelah sembilan menit.

Mengirim Pesan SOS

Apple memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks saat keadaan darurat dengan jaringan seluler yang tersedia. Meskipun ada aplikasi khusus untuk ini, pengguna dapat mengirim SOS dengan menahan tombol daya dan salah satu tombol volume. Tindakan ini akan mengirim pesan teks ke layanan darurat serta kepada semua kontak darurat yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

Mengatasi Freeze

Apabila ponsel iPhone mengalami keadaan beku atau freeze, salah satu metode simpel yang dapat diterapkan untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan mematikan dan kemudian menghidupkan ulang ponsel. Langkah awal yang bisa dilakukan apabila ponsel dalam kondisi freeze, yakni dengan menekan dan tahan tombol volume atas lalu melepaskannya. Setelah itu, langkah serupa dapat diulang pada tombol volume bawah.

Demikianlah ulasan mengenai fungsi tombol volume iPhone. Di samping untuk mengatur volume suara, tombol tersebut juga memiliki fitur rahasia yang memudahan dalam melakukan berbagai aktivitas di ponsel. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.