Bagikan:

JAKARTA - Apple akan mengumumkan iPhone berikutnya dalam tiga bulan lagi. Namun  sebuah video klip baru mungkin memberikan gambaran terbaik tentang bagaimana perangkat yang sangat dinanti ini akan terlihat.

Diposting di X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), video bocoran tersebut memperlihatkan casing untuk iPhone 16 yang diduga telah dicetak sesuai dengan spesifikasi baru ponsel tersebut.

Video tersebut mengungkapkan bahwa iPhone 16 akan memiliki tombol baru yang terletak di sisi kanan, yang dapat menjadi pengubah permainan bagi penggemar selfie.

Dijadwalkan rilis pada bulan September, iPhone 16 diperkirakan akan menjadi smartphone termahal yang pernah dirilis oleh Apple.

Video klip singkat yang diposting oleh @UniverseIce, seorang tipster yang dianggap 'terpercaya' oleh TechRadar, menunjukkan tepi casing dengan celah tempat pengguna dapat mengakses tombol baru ini.

Tombol yang disebut sebagai 'Capture Button' ini memungkinkan pengguna mengaktifkan kamera lebih cepat daripada sebelumnya, memastikan momen-momen singkat dapat ditangkap. Dengan sekali tekan, Capture Button akan mengambil foto dan memulai rekaman video, menawarkan alternatif bagi pengguna untuk tidak perlu mengetuk layar.

Render sebelumnya yang diperoleh oleh 91mobiles juga menunjukkan iPhone 16 Pro yang akan datang dengan Capture Button baru yang terletak tepat di bawah tombol daya yang ada.

Klip baru ini juga menunjukkan bahwa lensa kamera di bagian belakang akan diatur secara vertikal daripada diagonal, mendukung klaim dari kebocoran sebelumnya. Apple ingin semua iPhone-nya dapat merekam 'video spasial' yang dapat diputar di Vision Pro, namun ini memerlukan pengaturan kamera vertikal.

Vision Pro, headset realitas campuran pertama Apple, akan dirilis di Inggris bulan depan dengan harga 3.499 pound (Rp72,5 juta) setelah sebelumnya dirilis di AS.

Seperti iPhone 15 tahun lalu, iPhone 16 diperkirakan akan dirilis dalam empat versi – iPhone 16 (model standar), iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Namun, tidak pasti apakah semua model iPhone 16 akan mendapatkan Capture Button ini atau model mana yang cocok dengan casing dalam klip baru tersebut.

Model Pro dan Pro Max diperkirakan akan memiliki ukuran layar yang lebih besar dibandingkan dengan iPhone 15, dengan model Pro meningkat dari 6,1 inci menjadi 6,3 inci, sementara Pro Max dari 6,7 inci menjadi 6,9 inci.

Meski harga pastinya belum jelas, iPhone 16 diperkirakan akan melampaui harga iPhone 15, yang dimulai dari 799 dolar AS untuk model standar, sementara variasi termahal, Pro Max, dimulai dari 1199 dolar AS dan mencapai 1599 dolar AS  untuk penyimpanan 1TB.

Render juga menunjukkan bahwa Apple sedang mengerjakan iPhone SE 4, yang terbaru dalam lini smartphone 'budget' SE Apple dan peningkatan dari iPhone SE 3 tahun 2022.

Peluncuran iPhone 16 akan disertai dengan pembaruan perangkat lunak besar, iOS 18, yang akan menampilkan serangkaian fitur bertenaga AI – kecuali di Uni Eropa.