Apple Bersiap untuk Merilis iPhone SE 4 dengan Layar 6,1 Inci dan Port Pengisian USB-C
Ilustrasi iPhone SE dari Apple (foto: dailymail.com)

Bagikan:

JAKARTA - Apple dikabarkan bersiap untuk merilis iPhone 16 nanti tahun ini. Namun, bocoran gambar menunjukkan bahwa raksasa teknologi tersebut juga mungkin sedang mempersiapkan smartphone baru lainnya - iPhone SE 4.

Terbaru dalam seri iPhone 'budget' SE, ponsel ini diperkirakan akan memiliki layar 6,1 inci, port pengisian USB-C, dan kamera utama tunggal di bagian belakang, seperti yang terlihat dalam gambar yang bocor ke media.

Insider memperkirakan harganya sekitar 500 dolar AS (Rp7,8 juta) ketika dirilis tahun depan, yang, meskipun cukup mahal, masih menjadikannya salah satu smartphone termurah di pasaran.

Meskipun iPhone SE sering disebut sebagai ponsel 'budget' dari Apple, model terbaru, iPhone SE 3, memiliki harga hingga 579 pound (Rp9 juta).

Rancangan terbaru dari iPhone SE 4, yang diperoleh oleh 91mobiles, adalah file CAD (desain berbantu komputer) yang diberikan kepada produsen casing pihak ketiga sebelum peluncuran perangkat.

Menurut situs tersebut, iPhone SE 4 akan memiliki layar 6,1 inci - jauh lebih besar dari layar 4,7 inci pada iPhone SE 3 yang dirilis pada tahun 2022.

Jika iPhone SE 3 memiliki tombol home - sebuah tombol fisik di bawah layar – maka tombol ini akan absen pada iPhone SE 4.

Selain itu, bagian depan ponsel baru akan memiliki notch, mirip dengan iPhone 13 dan iPhone 14. Notch adalah area hitam di bagian atas layar yang berisi kamera depan dan modul Face ID, yang memungkinkan pengguna membuka perangkat mereka dengan sekilas.

Bocoran juga menyarankan bahwa iPhone SE 4 akan memiliki kamera utama tunggal di bagian belakang dan port pengisian USB-C, sama seperti iPhone 15. Mulai tahun lalu, Apple harus mengganti port pengisian Lightning-nya sendiri (dapat dikenali dari delapan pin) dan menggantinya dengan USB-C, karena peraturan UE.

Menurut MacRumors, iPhone SE 4 juga akan dilengkapi dengan 'Tombol Aksi', meskipun sulit untuk mengonfirmasi hal ini dari gambar bocoran yang baru. Tombol Aksi - tombol kecil di atas tombol volume di tepi ponsel - dapat digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan yang dipilih.

iPhone SE 4 diperkirakan akan dirilis pada musim semi 2025, tetapi 91mobiles mengatakan Apple akan memberikan pratinjau singkat tentangnya pada acara pengungkapan untuk iPhone 16 pada bulan September.

Apple tidak merilis model SE setiap tahun - hanya ada tiga sejak yang pertama dirilis pada tahun 2016. Meskipun begitu, mereka menghasilkan banyak kehebohan, terutama di kalangan penggemar Apple yang tidak mampu membeli perangkat 'flagship' Apple yang mahal, di mana iPhone 15 adalah yang terbaru.

Model flagship berikutnya, iPhone 16, yang akan dirilis pada September, diperkirakan akan lebih mahal dari iPhone 15, menurut beberapa laporan.

Menurut gambar bocoran terbaru iPhone 16, raksasa teknologi ini akan membuat perubahan radikal pada lensa kamera di bagian belakang ponsel flagship yang akan datang.