Muncul Rumor! Apple Pertimbangkan Gunakan Ports USB-C dan Tinggalkan Port Lightning
Port USB-C bakal lebih populer.(foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Apple sedang bersiap untuk menukar port Lightning milik iPhone-nya tahun depan dengan USB-C yang hampir universal. Kemungkinan ini muncul dari klaim analis perusahaan Ming-Chi Kuo, seperti dilaporkan oleh The Verge, Rabu 11 Mei.

Dalam sepasang tweet, Kuo mengatakan Apple akan membuat perubahan pada tahun 2023, mendasarkan klaim ini pada "survei" yang tidak ditentukan. Kemungkinan dari produsen komponen, atau dari siapa Kuo tampaknya mendapatkan banyak informasi untuk prediksi tentang produk Apple di masa depan.

Kuo mengatakan saat Apple bahwa mengadopsi USB-C “dapat meningkatkan kecepatan transfer dan pengisian daya iPhone dalam desain perangkat keras, tetapi detail spesifikasi akhir masih bergantung pada dukungan iOS.”

Prediksi Kuo bukannya tanpa prioritas pasalnya rumor dan spekulasi tentang Apple yang mengadopsi USB-C untuk iPhone telah beredar selama bertahun-tahun. Industri smartphone pada umumnya juga telah menganut standar USB-C yang dapat dibalik, dan Apple sendiri telah ikut serta, menambahkan USB-C ke iPad terbarunya dan menggunakan port Thunderbolt yang kompatibel dengan USB-C di banyak Mac.

Tekanan untuk beralih juga muncul dari pembuat kebijakan, saat Uni Eropa masih mempertimbangkan proposal yang akan mewajibkan port USB-C pada ponsel cerdas dan elektronik lainnya yang dipasarkan di wilayah mereka dengan tujuan mengurangi limbah elektronik dengan menstandardisasi pengisi daya dan kabel data.

Namun, Apple selalu tampak sangat menentang gagasan itu. Bahkan Apple menyatakan lebih suka membuat iPhone-nya tanpa porta, serta mengandalkan pengisian daya nirkabel dan transfer data, daripada merusak perangkatnya dengan USB-C.

Kuo sendiri memperkirakan tahun lalu bahwa Apple tidak mempertimbangkan port USB-C. Pada Maret 2021, dia mengatakan Apple berencana untuk mempertahankan port Lightning di iPhone untuk "masa depan yang dapat diperkirakan" - sebagian untuk menjaga program Made for iPhone‌ (MFi) yang menguntungkan tetap berjalan, dan sebagian untuk waterproofing yang lebih baik.

Mungkin, Lightning baru saja gagal. Seperti yang dicatat MacRumors dalam artikel baru-baru ini, ketika Apple memperkenalkan standar pada September 2012, Phil Schiller menyebutnya "konektor modern untuk dekade berikutnya."