Apple Diyakini Bakal Luncurkan iPhone 15 Ultra  Gantikan Istilah Pro Max, USB C juga Diperkenalkan
Apple bakal pakai istilah Ultra untuk gantikan Pro Max. (foto: twitter @raffradzuan)

Bagikan:

JAKARTA – Ponsel iPhone 14 bahkan belum berumur sebulan, tetapi rumor lain tentang iPhone 15 sudah mulai beredar. Apple dapat memperkenalkan skema penamaan baru ketika merilis iPhone 15 tahun depan. Mereka diyakini akan menggantikan merek "Pro Max" saat ini dengan "Ultra." Ini diketahui menurut pelacak Apple, Mark Gurman, yang juga mengharapkan iPhone 15 muncul dengan beberapa "perubahan yang lebih besar," termasuk memakai port USB-C.

Nama Pro Max pertama kali muncul dengan iPhone 11 pada tahun 2019, dan menambahkan branding Ultra ke jajaran iPhone tidak akan terlalu mengejutkan. Apple telah meluncurkan Watch Ultra baru dengan moniker awal bulan ini, dan menambahkan nama tersebut ke prosesor M1 Ultra-nya. Apple juga memperkenalkan perubahan kecil pada skema penamaannya di iPhone 14, membawa kembali nama "Plus" yang tampaknya sudah pensiun ke iPhone 14 Plus.

Analis rantai pasokan Ross Young memperkirakan bahwa Dynamic Island baru dapat menjadi standar pada semua model iPhone 15, bukan hanya model Pro dan Pro Max (atau Ultra). IPhone 15 juga dikabarkan akan datang dengan USB-C alih-alih port Lightning milik Apple selama ini.

Gurman mengatakan perusahaan juga telah mulai menguji fitur baru sebelum penerapan undang-undang UE yang akan mengharuskan semua ponsel baru memiliki port USB-C pada musim gugur 2024.

Banyak yang mendukung Apple mengganti Pro Max dengan Ultra karena terdengar lebih baik. Namun apakah ke depan Apple akan menghilangkan branding Max sama sekali, atau apakah Apple berencana untuk mempertahankan nama untuk teknologi yang berada di antara tingkatan Pro dan Ultra.

Dilaporkan oleh Emma Roth dari The Verge, Apple juga memiliki AirPods Max, dan akan menarik untuk melihat apakah Apple membuat perubahan pada namanya setiap kali generasi kedua muncul.

Dengan peluncuran iPhone 14, Apple akan menutup tahun ini dengan sejumlah Mac baru, termasuk M2 dan M2 Pro Mac Mini yang ditingkatkan, M2 Pro dan M2 Max 14-inci dan 16-inci MacBook Pro, dan M2 iPad Pro 11 inci dan 12,9 inci.

Perusahaan bahkan mungkin tidak mengadakan keynote bulan depan untuk mengumumkan perangkat ini seperti yang diharapkan sebelumnya. Gurman yakin Apple dapat merilis produknya dalam format yang kurang menarik, termasuk dalam siaran pers, pembaruan situs web, dan briefing media.