Bagikan:

JAKARTA - Apple kerap membuat gebrakan baru dalam jajaran produk iPhone-nya, dan perubahan ini cukup signifikan bagi pelanggan di Amerika Serikat (AS). Untuk pertama kalinya, pengguna tidak akan menemukan ruang untuk kartu SIM fisik di iPhone terbaru, khususnya iPhone 14.

Sebagai gantinya, pengguna harus menggunakan eSIM. Teknologi ini diklaim jauh lebih mudah daripada menggunakan kartu SIM, dan kabar baiknya Apple telah memastikan semua operator di AS siap untuk menerima fitur baru tersebut di iPhone 14.

Sayangnya, belum diketahui pasti apakah eSIM bisa digunakan juga untuk pengguna di Indonesia. Namun diklaim, iPhone yang dijual di luar AS masih akan mendapatkan kartu SIM fisik dan dua kartu eSIM internal.

Sementara, banyak pengguna yang masih bingung bagaimana mengalihkan nomor telepon dari SIM ke eSIM. Untuk itu, berikut langkah-langkah mudah yang harus Anda ikuti, seperti yang dikutip dari Digital Trends, Jumat, 23 September.

Cara Mentransfer SIM ke eSIM di iPhone

1. Pastikan iPhone Anda saat ini berada di dekat iPhone 14 baru Anda.

2. Geser ke atas dari layar selamat datang untuk mulai mengatur iPhone 14 baru Anda. Kemudian. ikuti proses penyiapan hingga Anda mencapai layar Siapkan eSIM.

3. Ketuk Transfer dari iPhone lain. Jika Anda memiliki lebih dari satu baris yang dikonfigurasi, pilih jalur yang ingin Anda transfer ke iPhone baru Anda. Anda hanya dapat mentransfer satu baris selama penyiapan awal. Anda dapat mentransfer baris kedua nanti dari aplikasi Settings.

4. Saat diminta, ketuk Transfer number di iPhone 14. Pilih Transfer SIM dari pesan yang muncul di iPhone lama Anda. Ini tergantung pada pengaturan operator Anda, Anda mungkin juga diperlihatkan kode verifikasi enam digit di iPhone 14 baru Anda yang perlu dimasukkan di iPhone lama Anda.

5. Klik dua kali tombol samping pada iPhone lama Anda untuk mengonfirmasi transfer. IPhone 14 baru Anda akan menampilkan pesan status yang menunjukkan bahwa itu mengaktifkan eSIM Anda, diikuti dengan menghubungkan ke jaringan seluler.

6. Saat ini selesai, ketuk Lanjutkan di iPhone 14 untuk melanjutkan proses penyiapan iPhone baru lainnya.

Cara Mengaktifkan eSIM Menggunakan Aktivasi Operator

1. Sebelum memulai, pastikan bahwa Anda memerlukan akses ke jaringan Wi-Fi agar iPhone Anda dapat menghubungi server aktivasi operator Anda untuk menyediakan eSIM Anda secara otomatis, serta pastikan pula operator Anda mendukung fitur Aktivasi Operator.

2. Kemudian, geser ke atas dari layar selamat datang untuk mulai mengatur iPhone 14 baru Anda.

3. Saat diminta, pilih jaringan Wi-Fi untuk terhubung dan masukkan kata sandi Wi-Fi. Tunggu proses aktivasi iPhone 14 selesai.

4. Pilih Continue ketika pesan Cellular Setup Complete muncul.