Lakukan Tiga Hal Ini untuk Tingkatkan Pengalaman di iOS 16 Setelah Mengunduhnya
Apple merilis iOS 16 belum lama ini setelah berbulan-bulan dalam masa uji beta. (foto: Ilustrasi Photo iOS 16 / Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple akhirnya merilis iOS 16 belum lama ini setelah berbulan-bulan dalam masa uji beta. Semua pengguna iPhone yang kompatibel sekarang dapat mengunduhnya.

Sistem operasi iOS 16 menghadirkan banyak fitur baru untuk dicoba, mulai dari membatalkan pengiriman dan mengedit pesan teks hingga dapat melihat semua kata sandi Wi-Fi yang disimpan.

Bahkan, pengguna juga dapat menghapus objek yang mengganggu dari foto di iPhone. Namun, setelah menginstal sistem operasi teranyar Apple ini, ada hal-hal yang perlu Anda lakukan.

Berikut tiga hal yang harus Anda lakukan setelah menginstal iOS 16 untuk meningkatkan pengalaman Anda di iPhone, seperti dikutip dari CNET, 19 September.

1. Buat Wallpaper Baru untuk Layar Kunci iPhone

Apple sudah sepenuhnya mendesain ulang layar kunci di iOS 16, sehingga pengguna bisa menyesuaikan berbagai elemen, seperti tanggal dan waktu, menambahkan widget kecil agar pengguna dapat mengikuti pembaruan cuaca dan berita populer.

Maka membuat beberapa profil wallpaper bisa meningkatkan pengalaman Anda menggunakan iOS 16. Untuk menyesuaikan layar kunci Anda, tekan jari Anda pada layar saat terkunci, lalu buka kunci perangkat Anda saat diminta.

Setelah Anda melakukannya, antarmuka layar kunci kemudian akan muncul. Anda dapat menyesuaikan berbagai wallpaper layar kunci Anda.

Selanjutnya, jika Anda mengetuk tombol + di kanan bawah untuk membuat wallpaper baru, Anda dapat menelusuri berbagai wallpaper yang disediakan Apple. Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan wallpaper dari Apple, Anda bisa menggunakan foto Anda sendiri.

Beberapa wallpaper sudah berisi widget bawaan, tetapi Anda juga dapat menambahkannya dengan mengetuk salah satu elemen layar kunci seperti tanggal dan waktu kemudian tekan Add Widget dan pilih elemen apa yang akan Anda tampilkan, lalu klik Add.

2. Buat Profil Focus

Tahun lalu Apple memperkenalkan fitur Focus, yakni evolusi dari fitur Do Not Distrub yang dapat Anda konfigurasikan untuk menerima pemberitahuan. memblokir atau menerima peringatan penting.

Cara untuk membuat profil Focus sangat mudah, buka Settings kemudian pilih Focus lalu klik profil atau profil yang ingin Anda konfigurasikan.

Di dalam profil Focus, Anda dapat memilih untuk menerima notifikasi dari orang atau aplikasi tertentu, menampilkan notifikasi yang disembunyikan di layar kunci, menyembunyikan lencana notifikasi, dan membuatnya agar layar kunci serta wallpaper layar beranda otomatis berubah saat profil Focus Anda dihidupkan.

Selain itu, Anda dapat menjadwalkan kapan Anda ingin profil Focus Anda diaktifkan dan dimatikan kembali.

3. Gunakan iPhoto untuk Menghapus Foto dan Video Duplikat

Terkadang kita tak sengaja mengambil foto yang sama di satu waktu, tentu saja hal ini akan membuat ruang penyimpanan di iPhone Anda cepat penuh.

Sekarang, ada fitur bawaan yang dapat menjelajahi aplikasi Photo Anda untuk mencari foto dan video yang sama alias duplikat.

Cara menggunakannya, buka Photos masuk ke Album dan geser ke bawah, ketuk Duplicates. Dari sini, Anda bisa melihat semua foto dan video Anda kemudian tekan Merge untuk setiap kumpulan duplikat atau ketuk Select klik Select All dan Merge untuk menghapus semua foto duplikat sekaligus.

Biasanya, di bagian bawah setiap foto atau video akan terdapat ukuran file, jadi Anda bisa memprioritaskan file yang lebih besar terlebih dahulu.