Bagikan:

JAKARTA – Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan Xbox sebagai toko game seluler di perangkat Android dan iOS. Rencananya, toko game ini bisa diakses oleh seluruh penggemar pada Juli 2024.

Presiden Xbox, Sarah Bond, menyampaikan di acara Bloomberg Technology Summit bahwa Xbox akan menjadi toko game yang bersaing dengan App Store dan Google Play Store. Xbox akan menghadirkan game, seperti Candy Crush dan Minecraft.

"Pada Juli 2024, kami akan meluncurkan pengalaman toko seluler kami. Sebenarnya, kami akan memulai dengan menghadirkan portofolio pihak pertama kami ke dalamnya. Anda akan melihat game, seperti Candy Crush, muncul di pengalaman itu," kata Bond.

Sayangnya, Xbox tidak diluncurkan dalam bentuk aplikasi. Toko game ini akan dimulai dalam versi web agar bisa diakses di seluruh perangkat. Jika penggemar ingin memiliki Xbox dalam bentuk aplikasi, mereka mungkin bisa mengunduhnya sebagai aplikasi web.

Langkah ini dilakukan agar seluruh pengguna Android dan iOS bisa mengakses Xbox dengan mudah. Meski begitu, Microsoft akan menghadapi tantangan dalam menghadirkan Xbox di iOS karena sistem operasi tersebut tidak mengizinkan sideload, kecuali di Uni Eropa.

"Kami akan memulainya di web dan kami melakukannya karena hal ini memungkinkan kami untuk menjadikannya sebuah pengalaman yang dapat diakses di semua perangkat, di semua negara, apa pun yang terjadi, terlepas dari kebijakan," tutur Bond.

Hingga saat ini, belum jelas bagaimana seluruh game akan didistribusikan di Xbox, game apa saja yang akan tersedia di dalamnya, dan bagaimana tampilan dari situs web-nya. Untuk mengetahui seluruh hal tersebut, kita harus menunggu hingga Microsoft merilisnya.