Bos Gim Microsoft Bakal Bawa Game Pass Xbox ke Perangkat Apple Pada 2021
Konsol game Xbox ( Image Credit: Chris Hardy / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bos gim Microsoft, Phil Spencer dikabarkan segera membawa Game Pass Xbox berbasis browser ke perangkat Apple. Game Pass ini akan hadir di iPhone dan iPad paling cepat pada 2021 mendatang.

"Kami benar-benar akan hadir di iOS," ungkap Spencer seperti dikutip dari Business Insider, Jumat 9 Oktober.

Game Pass Xbox sendiri merupakan layanan streaming gim seperti Google Stadia. Di sisi lain, Apple belum berkomentar soal rencana Microsoft untuk membawa lusinan gim ke perangkat iOS.

Sejatinya Microsoft telah menyematkan fitur baru ke Game Pass, sehingga layanan berlangganannya akan mudah diakses seperti menggunakan Netflix. Di mana para gamer Xbox dan PC bisa mengakses katalog game secara leluasa. 

"Kami tidak memiliki jalur lain untuk membawa visi kami tentang gim cloud dengan Xbox Game Pass Ultimate kepada para gamer di iOS melalui Apple App Store," ujar juru bicara Microsoft.

Microsoft terbilang berani untuk membawa platform Game Pass Xbox melalui layanan browser. Pasalnya, Apple memang sedang mengkaji ulang layanan streaming game Google Stadia yang tersedia di App Store. 

Di mana raksasa cupertino itu mengindikasikan bahwa Game Pass atau Stadia akan diizinkan untuk menawarkan layanan streaming game, hanya jika setiap judul dalam katalog tersedia di aplikasi terpisahnya. Apple sendiri bukannya tak memiliki platform game, sejak beberapa tahun terakhir mereka telah mengembangkan layanan Apple Arcade untuk pengguna iOS.

Hanya saja, layanan game milik Apple kurang diminati dan tak bisa bersaing dengan platform streaming game lainnya. Komite antimonopoli juga sedang menginvestigasi praktik Apple yang dianggap berpotensi anti-persaingan dengan perusahaan teknologi lain.