Aplikasi Xbox di iOS Kini Bisa Lakukan Streaming Gim dari Konsol
Ilustrasi controler Xbox (Image by QuentinLGH from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft dikabarkan akan segera meluncurkan fitur streaming jarak jauh di perangkat iOS dalam pembaruan aplikasi Xbox-nya. Pembaruan saat ini sedang diuji di oleh anggota TestFlight.

Mengutip The Verge, Senin 28 September, fitur tersebut sejatinya sama dengan yang diluncurkan versi Android belum lama ini. Bagi mereka yang tidak terbiasa, ini berbeda dari layanan Xbox Game Pass Ultimate, di mana pengguna dapat melakukan streaming gim dari cloud ke perangkat seluler mereka.

Sebagai gantinya, aplikasi ini akan menghubungkan gim yang dimiliki dari konsol Xbox ke perangkat seluler, dan bertindak seperti semacam server lokal. Kabarnya, pembaruan itu akan meluncur pada 10 November di acara Xbox Series X dan series terbaru Microsoft S.

Pengguna juga dapat mengakses konsol Xbox menggunakan Wi-Fi, atau bahkan koneksi LTE dan 5G juga. Karena aplikasi ini mengontrol Xbox yang berada di rumah, pengguna bisa mengakses konsol dari jauh di luar rumah. Xbox akan mulai tanpa suara atau lampu Xbox di bagian depan, dan saat pengguna memutuskan sambungan, Xbox akan kembali ke standby setelah beberapa saat tidak aktif.

Menariknya, meskipun Microsoft sebelumnya mengeluhkan tentang pembatasan Apple terkait aplikasi streaming gim, tetapi tampaknya perusahaan tersebut tetap akan mematuhi aturan App Store milik Apple. Pada dasarnya, Apple akhirnya melonggarkan aturan terkait streaming gim awal bulan ini.

Meskipun ada aturan baru yang membuka pintu bagi layanan streaming gim seperti xCloud untuk datang ke perangkat iOS, perusahaan seperti Microsoft masih akan membatasi.

Karena faktanya, aturan tersebut mengharuskan semua gim yang tersedia di layanan streaming juga perlu dicantumkan secara individual di App Store, ini sebagai cara Apple untuk meninjau aplikasi gim untuk memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan App Store.