Bagikan:

JAKARTA – Apple tidak mengizinkan sideload atau pengunduhan aplikasi dari luar App Store di iPhone. Namun, setelah sistem sideload diizinkan di Uni Eropa (UE), Epic Games berusaha menghadirkan toko aplikasinya.

Setelah disetujui pada Juli lalu, Epic Games Store akhirnya diluncurkan di iPhone untuk para pengguna di UE. Untuk mengunduh toko aplikasi Epic, pengguna hanya perlu membuka situs web Epic Games Store dan mengeklik tombol Instal di iPhone.

Ada banyak game yang bisa diunduh di Epic Games Store seperti Rocket League Sideswipe, Fall Guys, dan yang terpenting adalah Fortnite. Game ini akhirnya kembali tersedia di iPhone meskipun hanya pengguna di UE yang bisa mengunduhnya.

Epic Games mengatakan bahwa toko aplikasinya berhasil diluncurkan ke perangkat iOS berkat bantuan pemerintah UE. Dengan dibuatnya Undang-Undang Pasar Digital (DMA), Apple wajib mengizinkan sistem sideload di seluruh perangkat buatannya.

"Kami meluncurkannya di perangkat iOS di Uni Eropa berkat Undang-Undang Pasar Digital, tetapi Apple masih memblokir semua pengguna iOS lain di luar Eropa untuk mengakses Fortnite dan Epic Games Store untuk iOS," jelas Epic Games.

Selain meluncurkan Epic Games Store di iOS, toko aplikasi itu juga dirilis di perangkat Android. Tidak seperti iOS, toko aplikasi ini bisa diunduh dengan mudah di Android dan tersedia di hampir seluruh negara karena Google mengizinkan sistem sideload.

Perusahaan pengembang game itu menyadari bahwa pemasangan Epic Games Store di iOS, termasuk Android, masih berjalan lambat. Kualitas yang buruk ini terjadi karena perbuatan Apple dan Google, menurut Epic Games.

"Apple dan Google sengaja memperkenalkan pengalaman pemasangan berkualitas buruk yang sarat dengan banyak langkah," kata Epic. "Kami terus berjuang di pengadilan dan bekerja sama dengan regulator di seluruh dunia untuk menghapus ketentuan anti persaingan."