Microsoft Ikut Dukung Epic Games Lawan Apple
Aplikasi Fortnite (Image Credit: Amrothman / Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft ikut mendukung Epic Games yang saat ini sedang berselisih dengan Apple. Dukungan itu diberikan, ketika Apple berencana untuk mencabut developer tools untuk piranti Unreal Engine milik Epic Games dari ekosistem Apple. 

Mengutip dari MacRumors, Epic Games memang sedang memprotes keras langkah Apple yang memblokir aplikasi gim Fortnite di App Store. Pemblokiran ini juga berakibat fatal dengan sejumlah pengembang yang mengandalkan developer tools sama seperti Fortnite. 

Hal itu disuarakan General Manager for Gaming Developer Experiences Microsoft, Kevil Gammil dalam gugatan Epic Games. Menurutnya, dicabutnya Unreal Engine dari ekosistem iOS dan MacOS akan merugikan gamer dan pembuat gim. 

"Secara khusus, bahwa gim yang menggunakan Unreal Engine akan mendapatkan kerugian substansial, termasuk Forza Street yang merupakan gim buatan Microsoft untuk perangkat iPhone dan iPad," ungkap Gammil, Senin, 24 Agustus.

Dampak lainnya juga akan membuat developer indie, terpaksa harus mengeluarkan biaya lebih besar dalam mengembangkan gim-nya. Sebab saat ini developer tool yang dirilis oleh Epic Games merupakan lisensi gratis. 

Apple sendiri masih bersikeras akan mencabut dukungan Unreal Engine apabila Epic Games tidak membenahi fitur gim Fortnite di App Store. Beberapa waktu lalu gim Battleroyal ini merilis fitur transaksi langsung yang dianggap Apple melanggar kebijakan sistem bagi hasil di App Store.