Imbas Drama Epic Games dan Apple, iPhone dengan Gim Fortnite Dijual Rp147 Juta di e-Bay
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Drama Epic Games pencipta Fortnite dan pabrikan ponsel Apple belum juga usai, hingga banyak orang yang memanfaatkan situasi ini untuk meraup keuntungan dari menjual iPhone berisi gim tersebut.

Tidak sedikit pengguna yang kedapatan menjual iPhone mereka yang masih terinstal gim battleroyale itu di situs e-commerce, e-Bay. Tetapi, tentu saja tidak dengan harga yang murah.

Dinukil dari macrumors.com, Kamis, 20 Agustus, harga dari ponsel yang dijual pun bervariasi, dimulai dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Selain harga, model iPhone yang ditawarkan juga berbeda-beda, seperti iPhone 7 Plus, iPhone 8 Plus, iPhone XR, hingga iPhone 11 Pro Max.

Misalnya saja penjual dengan username samaple_0. Ia menjual iPhone X yang masih terinstal Fortnite dengan harga 10.000 dolar AS atau setara Rp147 juta.

Adapula ‌iPhone‌ 8 dengan Fortnite terpasang yang memiliki dua tawaran lebih dari 4.000 dolar AS atau sekira Rp59 juta. Tetapi kemungkinan besar itu adalah tawaran palsu.

Sebuah iPhone SE 2020 dengan Fortnite saat ini harganya 345 dolar AS atau setara Rp5 jutaan, dan ada sebuah iPhone XS dijual 233 dolar AS atau sekira Rp3 jutaan. Mengingat banyaknya cara lain untuk bermain Fortnite, sebagian besar penjual eBay ini kemungkinan tidak akan memiliki pembeli.

Diwartakan sebelumnya, minggu lalu Apple telah menarik Fortnite dari App Store setelah Epic Games memperkenalkan opsi untuk membeli mata uang dalam gim menggunakan metode pembayaran langsung. Menurut Apple hal ini mengabaikan aturan perusahaannya seputar pembelian dalam aplikasi.

Epic Games mengajukan gugatan yang telah direncanakan sebelumnya setelah aplikasi ditarik. Pada Senin lalu, Apple mengirimkan Epic surat yang mengancam untuk menghentikan semua pengembangnya sebelum 28 Agustus. Namun Epic tengah mencoba menghentikan hal itu terjadi.

Apple mengatakan, mereka berencana untuk mencabut akses Epic Games ke App Store dan semua alat pengembangan aplikasi, termasuk yang digunakan untuk Unreal Engine yang disediakan Epic Games untuk pengembang pihak ketiga. Menanggapi gugatan kedua Epic, Apple mengatakan tidak memiliki rencana untuk membuat pengecualian untuk Epic Games dalam hal apapun.

Raksasa Cupertino, AS itu juga telah menjelaskan bahwa Fortnite dapat dikembalikan ke ‌App Store‌ segera setelah Epic Games setuju untuk mengikuti peraturan dan kebijakan ‌App Store‌ Apple, tetapi tidak diketahui apakah dan kapan Epic akan menyerah.

Terlepas dari apakah Epic berusaha untuk mengembalikan Fortnite ke ‌App Store‌, pertarungan hukum yang telah dimulai ini bisa berlangsung bertahun-tahun.