Epic Games Kalah dari Apple, Gim Fortnite Gagal Balik ke App Store
Gim Fortnite (Image Credit: Joshua Hoehne / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Perseteruan antara Epic Games dengan Apple masih terus berlanjut di meja hijau. Melalui sidang online, pengadilan memberikan restraining order, atau penangguhan kepada Apple terkait pengembang yang menggunakan Unreal Engine.

Melansir dari laman BGR, Hakim Distrik Yvonne Gonzalez Rogers yang menangguhkan rencana Apple untuk memblokir semua aplikasi Unreal Engine di platform mereka. Sebab, alat tersebut masih banyak digunakan para pengembang aplikasi dan gim. Di mana Unreal Engine tak hanya digunakan di industri video game, namun juga di industri film dan animasi.

"Catatan tersebut menunjukkan potensi kerusakan signifikan pada platform Unreal Engine itu sendiri, dan pada industri gim secara umum, termasuk pada pengembang dan pemain pihak ketiga," ungkap hakim Rogers, Rabu 26 Agustus. 

Penangguhan ini berlaku sampai ada keputusan jelas dari persidangan Apple dan Epic. Selain itu, hakim memutuskan bahwa Apple tidak harus mengembalikan game Fortnite ke dalam App Store. 

Artinya, aplikasi Fortnite masih belum bisa dimainkan oleh pengguna iPhone untuk waktu-waktu mendatang. Hakim berpendapat Epic Games telah melanggar pedoman kesepakatan dengan Apple untuk aplikasi pihak ketiga di App Store. 

"Apple telah memilih untuk bertindak keras dan dengan melakukan itu, berdampak pada non-pihak, dan ekosistem pengembang pihak ketiga," imbuh Hakim Rogers.

Sayangnya, keputusan itu tak seperti yang diharapkan Epic Games untuk meminta gim Fortnite bisa dipulihkan di App Store. Itu artinya pemain Fortnite belum bisa memainkan gim di perangkat iPhone atau iPad dalam waktu-waktu mendatang.

Diketahui sebelumnya, Epic melanggar pedoman toko aplikasi Apple dan Google awal bulan ini ketika menyediakan sistem pembayaran langsung di aplikasi untuk para pengguna Fortnite di iOS dan Android. Apple dan Google mewajibkan pengembang di platform mereka untuk menggunakan sistem pemrosesan pembayaran mereka dan mematuhi pembayaran pajak sebesar 30 persen dari jumlah transaksi.

Langkah Epic tersebut membuat Apple langsung menghapus Fortnite dari App Store, meskipun gim itu sangat laris di toko daring Apple. Selanjutnya, mengantisipasi apa yang akan dilakukan Apple, beberapa menit setelah Fortnite ditarik dari App Store, Epic Games mengajukan gugatan terhadap Apple dan memulai salah satu kampanye pemasaran yang paling berani, karena melawan raksasa teknologi tersebut.