Proyek Rahasia Google dengan Koneksi Jaringan 6GHz
Ilustrasi Google (Image Credit: Morning Brew / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Google diam-diam tengah menguji coba jaringan 6GHz. Percobaan itu dilakukan 17 negara bagian di Amerika Serikat (AS). 

Melansir 9to5Google, Google sedang bereksperimen dengan spektrum 6GHz untuk menghasilkan koneksi broadband yang andal. Sayangnya, Google masih merahasiakan tujuan dari proyek jaringan ini, baik untuk komersial atau hal lain.

Menurut laporan Federal Communications Commission (FCC) uji coba jaringan ini akan dilakukan di 26 kota besar di 17 negara bagian AS, seperti Arizona, California, Colorado, Florida, Georgia, Illinois, Iowa, Kansas, Nebraska, Nevada, New York, Carolina Utara, Oklahoma, Oregon, Texas, Utah, dan Virginia, selama 2 tahun.

Pernyataan tersebut seakan menegaskan bahwa saat ini Google sedang mempersiapkan jaringan internet rumahan menggunakan teknologi tersebut. Ditambah dengan kemungkinan jaringan internet ini akan tersedia pada layanan Google Fiber Webpass.

Iklan Google Fiber Webpass di Amerika Serikat (tangkapan layar Google)

Selain itu, baru-baru ini FCC juga telah menyetujui penggunaan spektrum 6GHz dalam pengaplikasian router Wi-Fi 6E. Meski belum memiliki lisensi, jaringan ini memungkinkan kendaraan otonom dapat dioperasikan lebih baik dari koneksi 5G.

Kendati dapat menghasilkan koneksi yang lebih cepat, jaringan 6GHz masih belum diakui secara resmi. Teknologi jaringan 6GHz memungkinkan dapat membawa lebih banyak bandwidth daripada koneksi 2.4GHz atau 5GHz, dan hanya membutuhkan sedikit peranti nirkabel antar perangkat.