Diklaim Bisa Hasilkan 5,4Gbps, Router Punya Google Justru Diprotes Pengguna karena Lemot!
Google akan mulai meluncurkan pembaruan perangkat lunak awal minggu depan untuk mengatasi masalah yang dialami Nest WiFi Pro. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google akan mulai meluncurkan pembaruan perangkat lunak awal minggu depan untuk mengatasi masalah yang dialami Nest WiFi Pro. Diklaim, banyak pengguna mengalami koneksi internet yang lambat.

"Saat ini perusahaan sedang menyelidiki laporan tentang sejumlah kecil pengguna yang mengalami penurunan kecepatan internet pada router Nest Wifi Pro. Tim sedang bekerja untuk meluncurkan sebuah perbaikan," ungkap pemimpin produk Google Nest WiFi, Sanjay Noronha.

Nest WiFi Pro merupakan router milik Google. Perangkat ini menggantikan router Wi-Fi yang sudah ada dan terdiri dari router dan titik, ini akan memperluas cakupan dalam rumah pengguna dan juga berfungsi sebagai speaker Google Assistant.

Bulan lalu, Nest WiFi Pro meluncur dengan harga 199 dolar AS setara Rp3 jutaan. Saat itu, Google menggembar-gemborkan dukungan untuk Wi-Fi 6E yang menghasilkan kecepatan hingga 5,4Gbps.

Perangkat itu juga membuka pita 6GHz yang membantu mengurangi kemacetan jaringan, dan secara otomatis menyesuaikan kinerja jaringan untuk meminimalkan gangguan.

Namun, berbagai laporan muncul di forum komunitas Google Nest tentang masalah yang menyebabkan kecepatan unduhan dan unggahan yang dibatasi mulai dari 40Mbps hingga 90Mbps.

Banyak pengguna mengatakan Nest WiFi Pro lama mereka, yang hanya mendukung Wi-Fi 5, justru lebih unggul dari perangkat baru itu.

Meski begitu, tidak semua orang yang membeli router baru memiliki masalah ini. Melansir The Verge, Senin 14 November, seperti yang dikonfirmasi oleh Google, sebagian besar memengaruhi pengguna di Inggris dengan protokol point-to-point melalui jaringan ethernet (PPPoE).

Sistem tersebut digunakan oleh banyak penyedia digital subscriber line (DSL) dan melibatkan konfigurasi router dengan nama pengguna dan kata sandi sebelum dapat terhubung ke internet.

Dilihat dari laporan di forum, masalah ini tampaknya juga memengaruhi pengguna di Amerika Serikat (AS) dan bagian lain Eropa, serta mereka yang menggunakan fiber.

Sayangnya, Google tidak menginformasikan apa yang menyebabkan kecepatan berkurang, tetapi diharapmam pembaruan perangkat lunak yang akan datang akan menyelesaikannya.