Investor Bitcoin Ramai-ramai Tarik Dana, Imbas Keruntuhan FTX
Investor Bitcoin ramai-ramai tarik dana. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Investor Bitcoin ramai-ramai menarik dana dari bursa pada tingkat yang sangat besar belum pernah terlihat sejak April 2021. Dikabarkan hampir 3 miliar dolar AS Bitcoin ditarik selama tujuh hari terakhir.

Data baru dari firma analitik on-chain Glassnode menunjukkan jumlah dompet yang menerima BTC dari alamat pertukaran mencapai hampir 90.000 pada 9 November.

Di tengah gejolak yang sedang berlangsung atas kebangkrutan bursa utama FTX, kekhawatiran meningkat di antara pengguna bursa atas keamanan dana.

Banyak pengamat telah meningkatkan saran untuk menghindari dompet kustodian dan mengendalikan aset kripto, dan regulator meningkatkan pengawasan terhadap industri kripto secara massal.

Angka on-chain menunjukkan bahwa sejumlah besar penipu telah memilih dompet non-penahanan selama seminggu terakhir.

Jumlah alamat penarikan melihat lonjakan besar pada 9 November, ini melampaui jumlah tertinggi harian untuk Mei dan Juni tahun ini ketika aksi harga BTC terakhir melihat tekanan penurunan yang signifikan. Untuk 12 November, tanggal terakhir data tersedia, alamat yang ditarik masih berjumlah lebih dari 70.000.

Data Glassnode yang sama memberikan rata-rata per jam lebih dari 3.000 alamat penarikan selama tujuh hari hingga 13 November.

Angka-angka tersebut terkait dengan apa yang tampaknya merupakan cadangan BTC yang menurun dengan cepat di seluruh platform perdagangan utama.

Sementara kecepatan penurunan menunjukkan bahwa penghitungan saldo sebenarnya mungkin sulit untuk dikonfirmasi saat ini, data dari sumber daya analitik lainnya CryptoQuant menempatkan cadangan pertukaran keseluruhan pada titik terendah sejak Februari 2018.

CryptoQuant melacak total 38 bursa, termasuk yang memiliki masalah keuangan yang dilaporkan seperti FTX dan Kucoin.

Grafik lain, kali ini dari Coinglass, menyarankan 177.000 BTC dalam penarikan mingguan hingga 13 November, nilai dolar AS sekitar  3 miliar dolar AS pada harga hari ini.

Analis senior Glassnode, Checkmate, tetap menandai tiga pertukaran khususnya dengan apa yang disebutnya "sangat aneh" pembacaan saldo Bitcoin - Huobi, Gate.io dan Crypto.com.

Mengakhiri utas khusus ke dalam topik, dia mencatat bahwa “Saldo pertukaran adalah perkiraan terbaik berdasarkan pengelompokan dompet. Mereka lebih cenderung menjadi batas bawah daripada melebih-lebihkan. ”

“Aliran dana antar bursa ini mencakup pelanggan nyata + FTX/Alameda. Sulit untuk dipisahkan, sehingga terlihat relatif seimbang,” tambahnya.

Meramal bagaimana skenario saat ini mungkin terjadi, Michaël van de Poppe, pendiri dan CEO perusahaan perdagangan Eight, sementara itu mengatakan bahwa kemungkinan terburuk belum berakhir.

"Mungkin kita akan memiliki lebih banyak masalah dengan pertukaran minggu-minggu mendatang, tetapi mungkin juga banyak gosip," katanya kepada pengikut Twitter di akhir pekan. “Tetap aman, tenang dan jangan membuat keputusan emosional. Kami berada di wilayah yang mengerikan, tetapi crypto akan menjadi lebih kuat.”