Teleskop Hubble  Tangkap Momen Ledakan Bintang dalam Satu Supernova
Momen supernova yang tertangkap teleskop Hubble. (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika sebuah bintang masif kehabisan bahan bakar dan mendekati akhir hidupnya, maka ia meledak dan mencurahkan energi yang besar yang disebut supernova. Peristiwa ini bisa sangat terang sehingga mengungguli seluruh galaksi, tetapi tidak berlangsung lama — hanya sekejap mata, dalam istilah kosmik.

Sulit untuk menangkap kecerahan mendadak dan peredupan cepat dari peristiwa supernova, karena mereka sulit diprediksi. Namun Teleskop Luar Angkasa Hubble baru-baru ini berhasil menangkap tiga momen berbeda dari sebuah supernova dalam satu gambar.

“Sangat jarang supernova dapat dideteksi pada tahap yang sangat awal, karena tahap itu sangat singkat,” kata Wenlei Chen, penulis makalah tersebut, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Digital Trends.

“Itu hanya berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari, dan dapat dengan mudah terlewatkan bahkan untuk deteksi terdekat. Dalam eksposur yang sama, kami dapat melihat urutan gambar, seperti beberapa wajah supernova,” tambahnya.

Itu mungkin untuk melihat tiga titik waktu yang berbeda karena fenomena yang disebut lensa gravitasi, di mana sebuah objek besar datang di antara kita dan objek yang diamati. Jika objek perantara cukup besar, gravitasinya membelokkan ruang, mengubah pandangan objek di belakangnya.

Objek latar belakang itu bisa tampak lebih terang saat objek perantara bertindak seperti kaca pembesar, dan bisa muncul di titik yang berbeda di ruang angkasa saat cahayanya dibelokkan.

Dalam hal ini, cahaya dari supernova dibelokkan di sepanjang tiga jalur yang berbeda dengan panjang yang berbeda, sehingga cahaya yang tiba di Hubble menunjukkan tiga contoh yang berbeda.

Supernova adalah yang sangat jauh, artinya itu kuno, diperkirakan terjadi 11 miliar tahun yang lalu, yang dekat dengan awal alam semesta 13,8 miliar tahun yang lalu. Ini adalah salah satu supernova paling awal yang diamati dengan sangat rinci, dan karena tiga titik waktu berbeda yang ditangkap dalam gambar, para peneliti dapat mengukur ukuran bintang.

Bintang tersebut diperkirakan berukuran sekitar 500 kali lebih besar dari matahari, sejenis bintang yang disebut supergiant merah.