Teleskop Hubble Tangkap Peristiwa Dua Galaksi Besar Mengapit Galaksi Kecil
Dari gambar yang dihasilkan Hubble, terlihat dua galaksi spiral besar mengapit galaksi spiral kecil.. (foto: dok. NASA dan ESA)

Bagikan:

JAKARTA - Dua dari tiga galaksi yang berinteraksi disebut Arp 248, dikenal juga sebagai Wild's Triplet berhasil diabadikan oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble minggu ini.

Arp 248 terdiri dari tiga galaksi spiral besar dan kecil yang dihubungkan bersama oleh jembatan bintang. Letaknya, 200 juta tahun cahaya di konstelasi Virgo.

Ketiga galaksi itu dinamai oleh astronom asal Australia, Paul Wild yang merupakan peneliti Matahari dan mempelajari galaksi itu pada 1950-an.

Dari gambar yang dihasilkan Hubble, terlihat dua galaksi spiral besar mengapit galaksi spiral kecil. Dua galaksi yang berinterkasi merupakan galaksi yang gravitasinya paling memengaruhi, dan dalam hal ini ia adalah gravitasi yang mengikat ketiganya bersama-sama.

Setelah saling terikat, peristiwa itu akan menghasilkan jembatan terang yang terlihat membentang di antara dua galaksi dalam gambar yang ditangkap Hubble.

Jembatan itu sangat bersinar dengan cahaya juga bintang yang menganduyng debu, membentuk daerah memanjang disebut ekor pasang surut. Ini terbentuk oleh gaya tarik gravitasi timbal balik dari dua galaksi besar.

Melansir Digital Trends, Senin, 7 November, Hubble bukan kali pertama membagikan sejumlah gambar galaksi yang berinteraksi, sebelumnya, dua galaksi spiral dan sepasang galaksi lainnya juga berhasil diabadikan Huble ketika saling berinteraksi.

Sebagai informasi, Hubble diciptakan dengan tujuan menjelajahi berbagai galaksi eksentrik seperti Arp 248 ini untuk pengamatan di masa depan dengan Teleskop Luar Angkasa James Webb, Atacama Large Millimeter/submillimeter Array, dan Hubble sendiri.