Elon Musk  Tangguhkan Akun Twitter yang Meniru Orang Lain, Tanpa Gunakan Kata “Parodi”
Akun twitter Elon Musk banyak ditiru dan dipalsukan sebagai bentuk protes atas kebijakannya di Twitter. (foto: tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Pemilik baru Twitter  Elon Musk mengatakan pada  Minggu, 6 November  bahwa siapa pun di platform tersebut yang mengoperasikan akun yang meniru orang lain, tanpa menyatakan kata "parodi" di profil, akan ditangguhkan secara permanen dari layanan microblogging ini.

Dalam tweet lanjutan, Musk mengatakan bahwa, sementara perusahaan biasa memberikan peringatan kepada peniru untuk memberi mereka kesempatan untuk memperbaiki situasi, kini tidak akan ada lagi peringatan,  dan penangguhan dilakukan segera setelah pelanggaran itu terjadi dan ditemukan oleh tim Twitter.

"Ke depan, setiap akun Twitter yang terlibat dalam peniruan identitas tanpa secara jelas menentukan 'parodi' akan ditangguhkan secara permanen," tulis Musk. "Sebelumnya, kami mengeluarkan peringatan sebelum penangguhan, tetapi sekarang setelah kami meluncurkan verifikasi luas, akan ada tanpa peringatan."

Bahkan sebelum tweet Musk, Twitter telah mulai mematikan sejumlah akun di mana pengguna telah mengubah nama profil mereka menjadi "Elon Musk" sebagai protes atas rencana pengusaha miliarder untuk merombak sistem verifikasi dengan mengikatnya ke Twitter Blue tier premium, sehingga memungkinkan siapa pun untuk mendapatkan tanda centang biru hanya dengan membayar tarif Biru baru sebesar  8 dolar AS per bulan.

Menurut laporan Digital Trends, aktor dan komedian Kathy Griffin, misalnya, baru-baru ini mengubah nama akun Twitternya menjadi "Elon Musk" dan kemudian akunnya ditangguhkan. Belum jelas apakah penangguhan itu akan menjadi permanen, karena tampaknya akunnya ditangguhkan sebelum Musk memposting tweetnya.

Aktor Roswell Brendan Fehr dan One Day at a Time's Valerie Bertinelli juga mengubah nama Twitter mereka menjadi Elon Musk, tetapi begitu mereka mendengar bahwa perusahaan tersebut mengambil tindakan, mereka menghapus namanya.

"Kita bukan lagi semua Elon Musk ... karena dia mengunci akun-akun itu," tweet Fehr pada hari Minggu. "Tapi jangan khawatir, dia masih baik-baik saja dengan siapa pun yang men-tweet kebohongan dan konspirasi yang tidak bertanggung jawab sehingga semuanya baik-baik saja dan masuk akal."

Bertinelli juga membuat cuitan. “Okey-dokey, saya bersenang-senang dan saya pikir saya membuat poin saya. Saya bukan tipe cewek yang 'tren'. Tidak pernah, tidak pernah ingin menjadi.”

Mereka yang meniru Elon Musk, tentu saja, juga tunduk pada aturan baru. Profesor Hindi yang berbasis di Melbourne, Ian Woolford, misalnya, baru-baru ini mengganti foto profilnya ke foto yang sama yang saat ini digunakan oleh Elon Musk dan mulai men-tweet dalam bahasa Hindi tentang kejahatan baru-baru ini yang terjadi di Twitter. Akunnya sekarang telah ditangguhkan, mungkin karena gagal menyatakan bahwa itu adalah akun parodi.

Penulis Hannah Gais, yang saat ini memiliki akun "bukan parodi" sebagai bagian dari nama akunnya, menunjukkan bagaimana kerumitan mencoba menjalankan Twitter tampaknya memengaruhi Musk. Gais membagikan postingan “bagaimana awalnya, bagaimana kelanjutannya”, menampilkan tweet yang diposting oleh Musk 10 hari yang lalu, pada hari kesepakatan Twitter berjalan, mengatakan, “Komedi sekarang legal di Twitter,” diikuti oleh postingannya pada  Minggu tentang akun imitasi.

Beberapa laporan pada hari Minggu mengatakan bahwa Twitter telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya menghentikan peluncuran verifikasi akun yang ditautkan ke Twitter Blue hingga setelah pemilihan paruh waktu di AS.