Senator Demokrat Ancam Elon Musk Agar Segera Perbaiki Manajemen Twitter
Senator Ed Markey dari Partai Demokrat AS memperingatkan Elon Musk. (foto: twitter @SenMarkey)

Bagikan:

JAKARTA - Senator Ed Markey dari Partai Demokrat AS memperingatkan Elon Musk, pemilik baru Twitter. “Perbaiki perusahaan Anda. Atau Kongres akan melakukannya," ungkap Markey dalam cuitannya di media sosial itu.  

Peringatan ini muncul setelah Musk dengan sinis menjawab kekhawatiran senator tentang akun terverifikasi palsu di Twitter, dan menyarankan akun asli Markey "terdengar seperti parodi."

Pada Jumat, Markey mengirimkan tweet yang berisi tautan ke surat yang dia tulis kepada Musk, mengkritik Blue yang harus berlangganan 8 dolar AS per bulan namun muncul tanda akun terverifikasi.

Surat itu mengutip laporan dari Washington Post yang merinci bagaimana seorang reporter dapat dengan mudah membuat akun terverifikasi palsu yang meniru Markey dan meminta Musk untuk mengatasi masalah tersebut. “Twitter harus menjelaskan bagaimana ini terjadi dan bagaimana mencegahnya terjadi lagi,” tulis Markey.

Tanggapan Musk sangat sinis yang membuat senator itu marah. “Mungkin karena akun aslimu terdengar seperti parodi,” cuit Musk.

Miliarder itu melanjutkan dengan tweet lain sekitar satu jam kemudian, mengatakan, "Dan mengapa pp Anda memiliki topeng?" mengacu pada gambar profil Senator di Twitter yang menunjukkan dia tengah mengenakan penutup wajah.

Markey tidak menanggapi jawaban Musk dengan baik dan memperingatkan bahwa Kongres dapat mengambil tindakan terhadap Musk dan banyak perusahaannya jika dia tidak meluruskan semuanya.

“Salah satu perusahaan Anda berada di bawah keputusan persetujuan FTC. Pengawas keamanan mobil NHTSA sedang menyelidiki yang lain karena membunuh orang. Dan Anda menghabiskan waktu Anda untuk berkelahi secara online, ”tulis Markey. “Perbaiki perusahaan Anda. Atau Kongres akan melakukannya.”

Kekhawatiran senator tentang peniruan identitas di Twitter bukannya tidak berdasar. Setelah Twitter meluncurkan kemampuan untuk membayar verifikasi di iOS minggu lalu, gelombang akun terverifikasi palsu yang meniru pengguna profil tinggi membanjiri platform.

Satu akun yang meniru Nintendo memposting gambar Mario membalik burung itu, sementara yang lain berpura-pura menjadi LeBron James dengan salah mengklaim bahwa dia berencana meninggalkan Los Angeles Lakers.

Bahkan akun parodi @jesus juga mendapatkan kode verifikasi yang membuatnya tampak seperti akun asli.

Memang sebagian besar akun ini telah dihapus, tetapi ada beberapa yang tetap online untuk waktu yang lama. Akun-akun itu berpotensi menyebabkan kerusakan pada merek — atau orang — yang mereka tiru. Musk kemudian mengumumkan bahwa Twitter akan melarang pengguna yang meniru orang lain di platform, tetapi akun palsu masih ada, yang memaksa Twitter untuk mematikan semua pendaftaran Blue sebagai tanggapan.

Sementara Markey jelas tidak mewakili semua anggota Kongres, namun Demokrat akan mempertahankan kendali mereka di Senat setelah pemilihan paruh waktu. Markey juga berada di sejumlah komite yang dapat memengaruhi Tesla, perusahaan milik Musk, termasuk Komite Perdagangan, Sains, dan Transportasi  yang telah menyuarakan keprihatinan atas perangkat lunak mengemudi mandiri pembuat kendaraan listrik beberapa kali di masa lalu.