Tujuh Senator Demokrat Laporkan  Elon Musk ke FTC karena Dianggap Langgar Kesepakatan
Senator Demokrat Richard Blumenthal (tengah) laporkan Elon Musk ke FTC. (foto: twitter @SenBlumenthal)

Bagikan:

JAKARTA - Tujuh senator Partai Demokrat AS, mengirim surat pada Kamis 17 November kepada Komisi Perdagangan Federal (FTC), yang memperingatkan bahwa Twitter, yang sekarang dimiliki oleh Elon Musk, bertindak mengabaikan pengguna dan mendesak agensi tersebut untuk menyelidiki setiap pelanggaran keputusan persetujuan yang ditandatangani FTC dengan Twitter.

Anggota parlemen, termasuk Senator Richard Blumenthal dan Elizabeth Warren, meminta FTC untuk mempertimbangkan tindakan penegakan terhadap perusahaan dan terhadap eksekutif individu jika perlu.

“Dalam beberapa minggu terakhir, Chief Executive Officer Twitter yang baru, Elon Musk, telah mengambil langkah-langkah mengkhawatirkan yang telah merusak integritas dan keamanan platform, dan mengumumkan fitur-fitur baru meskipun ada peringatan yang jelas bahwa perubahan tersebut akan disalahgunakan untuk penipuan, dan peniruan identitas yang berbahaya. " kata anggota parlemen dalam surat kepada Ketua FTC, Lina Khan.

Baik Twitter maupun FTC tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters atas laporan itu.

Dua minggu pertama Musk itu sebagai pemilik Twitter langsung ditandai adanya perubahan dan kekacauan yang cepat. Musk dengan cepat memecat CEO Twitter sebelumnya dan pemimpin senior lainnya dan kemudian memberhentikan setengah stafnya awal bulan ini.

 Ada kekhawatiran bahwa pergolakan tersebut akan menyebabkan Twitter gagal mematuhi penyelesaian Mei 2022 dengan regulator A.S. di mana Twitter setuju untuk meningkatkan praktik privasinya dan menempatkan tanggung jawab pada orang-orang yang memegang posisi tertentu.

FTC mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya "melacak perkembangan terbaru di Twitter dengan keprihatinan mendalam. Tidak ada CEO atau perusahaan yang kebal hukum, dan perusahaan harus mengikuti keputusan persetujuan kami."