DuckDuckGo Punya Punya Alat Perlindungan Pelacakan Aplikasi yang Lebih Canggih dari Apple
App Tracking Protection DuckDuckGo, pengguna dapat membiarkan aplikasi berfungsi secara penuh. (foto: dok. duckduckgo)

Bagikan:

JAKARTA - DuckDuckGo dilaporkan membawa App Tracking Protection atau alat Perlindungan Pelacakan Aplikasi untuk Android ke versi beta terbuka. Fitur ini sebelumnya berdasarkan daftar tunggu, hanya beberapa pengguna yang bisa menjajalnya.

DuckDuckGo merupakan salah satu layanan anti-pelacakan paling terkenal di dunia, dengan fitur App Tracking Protection, pengguna di Android sekarang dapat memanfaatkan teknologi ini.

Fitur tersebut menawarkan keamanan dan privasi ponsel mereka yang lebih baik dari pelacak aplikasi lain dan sejenisnya.

Perusahaan mengatakan, fitur itu sudah membantu dalam mengamankan informasi seseorang untuk kebijaksanaan mereka, melarang aplikasi lain melacak ponsel cerdas pengguna, proses, aplikasi, dan data lain yang ingin mereka jaga kerahasiaannya.

Melansir 9to5Google, Kamis, 17 November, yang membuat fitur ini lebih disukai daripada memblokir pelacakan sepenuhnya adalah fitur ini memungkinkan aplikasi berfungsi seperti biasa, tanpa mengganggu rangkaian fitur mereka.

Misalnya, sebagian besar aplikasi memerlukan pelacakan lokasi untuk memanfaatkan fitur aplikasi tertentu. Jika pengguna memblokir layanan lokasi, aplikasi tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan.

Namun, dengan App Tracking Protection DuckDuckGo, pengguna dapat membiarkan aplikasi berfungsi secara penuh tetapi memotong semua komunikasi ke pemasok data pihak ketiga.

DuckDuckGo juga mengklaim layanannya lebih kuat dibandingkan dengan fitur asli Ask App Not to Track dari Apple, yang berpusat pada perlindungan iOS dan iPadOS.

Fitur Apple itu memblokir pelacak aplikasi di perangkat iOS, selama pengguna mengatur preferensi mereka. Tetapi apa yang ditawarkan DuckDuckGo, pengguna mendapatkan pandangan yang lebih mendalam tentang siapa yang mengambil data mereka dan dari mana secara real-time.

Dalam versi beta, fitur anyar DuckDuckGo tersebut tersedia sepenuhnya bagi siapa saja yang ingin mencobanya secara gratis.