DuckDuckGo Akhirnya Bawa Browser Web untuk Windows, Ini Fiturnya!
DuckDuckGo kembali merilis browser web, yang tentu saja mengutamakan privasi. (foto: dok. duckduckgo)

Bagikan:

JAKARTA - DuckDuckGo kembali merilis browser web, yang tentu saja mengutamakan privasi. Kali ini, tersedia untuk Windows dalam versi beta.

Sebelumnya, perusahaan sudah meluncurkan browser web untuk pengguna macOS, Android dan iOS. Banyak fitur yang dihadirkan untuk Sistem Operasi (OS) milik Microsoft tersebut.

Pertama, DuckDuckGo menghadirkan Duck Player, di mana pengguna bisa menonton video YouTube tanpa iklan yang melanggar privasi dan mencegah tayangan video memengaruhi rekomendasi.

Perlindungan Pemuatan Pelacak pihak ketiga juga tersedia, yang melampaui milik Chrome dan browser lainnya ini akan bekerja untuk memblokir pelacak tersembunyi dari perusahaan seperti Google dan Facebook, yang bersembunyi di situs web lain sebelum sempat memuat. ‌‌‌

"Browser desktop kami menggunakan data sekitar 60 persen lebih sedikit daripada Chrome," ujar DuckDuckGo pada laman resminya, dikutip Jumat, 23 Juni.

Pengguna juga bisa mengimpor kata sandi dan bookmark dari browser lain atau pengelola kata sandi hanya dengan beberapa klik. ‌‌ ‌‌

Enkripsi yang lebih cerdas juga disematkan DuckDuckGo, guna memastikan saat pengguna mengunjungi lebih banyak situs web, tautan yang diklik akan dienkripsi.

Terdapat juga Manajemen Pop-up Cookie, alat yang secara otomatis memilih opsi paling pribadi dan menyembunyikan pop-up persetujuan cookie. ‌

DuckDuckGo juga membawa Tombol Api, yang membakar data penjelajahan terbaru dalam satu klik. Ada juga opsi Tahan Api yang praktis untuk situs mana pun yang ingin dikunjungi.

Ke depannya, DuckDuckGo akan menambahkan dukungan ekstensi di masa mendatang untuk Windows. Jika ingin mencobanya, penggemar browser berlogo bebek ini bisa mengunjungi duckduckgo.com/windows.

Terakhir, perusahaan berniat akan meningkatkan kemampuan browser-nya di macOS, seperti kinerja pengaktifan yang lebih cepat, kemampuan menyematkan tab, impor bookmark HTML dan lebih banyak opsi untuk Tombol Api.

Termasuk, fitur privasi tambahan seperti Perlindungan Sidik Jari, Tautan Perlindungan Pelacakan, Perlindungan Pelacakan Perujuk, kata sandi pribadi dan sinkronisasi bookmark juga akan segera hadir.