Pengguna Mac Sekarang Bisa Jajal Browser yang Diklaim Paling Aman DuckDuckGo
Pengguna Mac sekarang bisa menjajal browser yang mengandalkan privasi, DuckDuckGo. (foto: dok. duckduckgo)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna Mac sekarang bisa menjajal browser yang mengandalkan privasi, DuckDuckGo. Namun, aplikasi itu masih dalam tahap uji beta terbuka.

Pertama kali memulai debutnya kembali pada April lalu, browser ini awalnya hanya tersedia melalui beta tertutup daftar tunggu, tetapi sekarang setiap pengguna Mac dapat mengunduh opsi alternatif untuk mencoba sebelum peluncuran publik resminya.

Dirancang untuk privasi, perlindungan bawaan DuckDuckGo untuk Mac mencakup kemampuan untuk memblokir pelacak bahkan sebelum mereka memuat. Browser ini juga akan menghasilkan penggunaan data sekitar 60 persen lebih sedikit daripada Chrome. Sebab, ia didasarkan pada mesin rendering WebKit yang digunakan oleh Safari.

Fitur lainnya termasuk pemblokir pop-up prasyarat dan pintasan populer "Fire Button" DuckDuckGo, yang dapat langsung menghapus data browser tersimpan.

Lebih lanjut, beberapa fitur tambahan juga telah ditambahkan ke browser (versi 0.30) sejak pengumuman aslinya.

Sekarang pengguna dapat mencoba Duck Player, sebuah fitur yang melindungi pengguna dari iklan dan cookie yang ditargetkan saat menonton konten YouTube. Iklan yang dilihat dalam Duck Player tidak akan dipersonalisasi, menurut klaim DuckDuckGo sebenarnya menghapus sebagian besar iklan YouTube.

Meski begitu, YouTube akan tetap mendaftarkan penayangan pengguna, tetapi konten yang ditonton melalui Duck Player tidak akan berkontribusi pada profil iklan YouTube mereka.

Mengutip The Verge, Rabu, 19 Oktober, terdapat juga tab yang disematkan dan bilah bookmark baru untuk menanggapi umpan balik dari pengujian beta awal, serta cara untuk melihat riwayat penelusuran yang disimpan secara lokal.

DuckDuckGo Cookie Consent Pop-Up Manager juga tersedia dan bekerja di sekitar 50 persen situs untuk secara otomatis memilih opsi paling pribadi dan menghindarkan pengguna dari pesan pop-up mengganggu.

Peningkatan juga telah dilakukan pada DuckDuckGo untuk pemblokiran pelacak Mac. Aplikasi browser itu memang kerap memblokir iklan yang menggunakan pelacakan invasif bahkan sebelum dimuat, sekarang agar lebih aman browser akan menghapus ruang kosong yang ditinggalkan oleh iklan yang menghilang tersebut, memberikan pengguna ruang kerja lebih bersih tanpa memerlukan pemblokir iklan khusus.

Untuk versi Windows, DuckDuckGo menegaskan aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan dan saat ini sedang diuji dalam versi beta awal. Sementara beta daftar tunggu pribadi diklaim akan tiba dalam beberapa bulan mendatang.