<i>Hashrate</i> Global Dogecoin Meroket dalam 7 Bulan Terakhir
Mata uang kripto Dogecoin. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Dogecoin (DOGE) yang mendapat dukungan dari bos Tesla, Elon Musk, dilaporkan mengalami peningkatan hashrate global dalam satu pekan terakhir hingga tembus 815 TeraHash per detik (TH/s) sebagaimana dilaporkan CoinWarz.

Informasi saja, Dogecoin hashrate adalah nilai numerik yang dihitung guna menentukan perkiraan berapa banyak hash yang dihasilkan oleh penambang Dogecoin yang mencoba menyelesaikan blok Dogecoin saat ini atau blok tertentu.

Meroketnya hashrate di blockchain Dogecoin membuktikan bahwa lonjakan tersebut mungkin terjadi karena meningkatnya minat yang dipicu oleh akuisisi Twitter oleh Elon Musk di jaringan. Angka tersebut, meskipun masih turun sekitar 19.4 persen dari hashrate tertinggi sepanjang masa 1.34 PetaHashes per detik (PH/s) yang dicapai kembali pada bulan April.

Hashrate DOGE meningkat. (CoinWarz)

U.Today melaporkan bahwa ini menunjukkan lonjakan minat dalam mendedikasikan daya komputasi untuk mendapatkan hadiah blok dari blockchain proof-of-work (PoW) terbesar kedua belakangan ini. Ketertarikan ini kemungkinan dapat ditelusuri ke langkah yang dibuat oleh CEO Tesla, Elon Musk, pendukung Dogecoin sejak lama, untuk membeli platform micro-blogging Twitter.

Menurut laporan Bloomberg, tenggat waktu untuk penutupan kesepakatan dengan cepat mendekat bahkan ketika perusahaan media sosial telah tercatat melakukan pergerakan dalam persiapan penjualan.

Meski begitu belum diketahui apakah kondisi ini menunjukkan persiapan komunitas Dogecoin dalam pembelian Twitter yang direncanakan oleh bos Tesla, Elon Musk yang dikenal sebagai pendukung DOGE kerap mengampanyekan koin meme tersebut dan bermaksud menjadikan Dogecoin sebagai alat transaksi tingkat global. Rencana tersebut sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh The Dogecoin Foundation dalam blog resminya.  

Beberapa bulan lalu, Musk mengumumkan bahwa perusahaannya Tesla dan SpaceX telah menerima pembayaran dengan DOGE untuk sejumlah merchandise perusahaan. Dia juga menerapkan pembayaran DOGE untuk layanan jalan bawah tanah Loop dari perusahaannya yang lain, The Boring Company, yang ditujukan untuk menghindari kemacetan jalanan di lingkungan perkotaan.

Saat penulisan, harga kripto Dogecoin (DOGE) diperdagangkan di level Rp928 per koin. DOGE mengalami kenaikan 0,3 persen dalam satu pekan, dan penurunan 0,1 persen dalam 24 jam terakhir, menurut data Coingecko. DOGE sempat tembus ATH pada 8 Mei 2021 di harga Rp10.338.