Transaksi Dogecoin (DOGE) Lampaui Bitcoin dan Ethereum
Dogecoin. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu koin meme terpopuler, Dogecoin (DOGE), mengalami peningkatan transaksi harian dalam jaringannya. Tidak tanggung-tanggung, transaksi yang terjadi di jaringan Dogecoin sukses melampaui tingginya transaksi di jaringan kripto terkemuka seperti Bitcoin dan Ethereum.

Jaringan Bitcoin memiliki rata-rata sekitar 400.000 – 532.000 transaksi per hari dalam satu pekan terakhir. Sementara Ethereum memiliki transaksi yang berhasil memproses sekitar 1 juta transfer setiap hari. Transaksi jaringan Dogecoin berhasil melampaui keduanya.

Jaringan Dogecoin secara konsisten mengonfirmasi lebih dari satu juta transaksi harian sejak 22 Mei lalu. Kemudian pada 23 Mei, jaringan Dogecoin meningkat menjadi 1,42 juta transaksi. Transaksi tertinggi terjadi pada 27 Mei kemarin di mana jaringan Dogecoin berhasil memproses 2.079.70 transaksi.

Menurut data Blockchair, 28 Mei 2023, transaksi Dogecoin berhasil melampui Bitcoin dan Ethereum dengan lebih dari dua juta transaksi dalam 24 jam terakhir. Kemudian pada tanggal 28 Mei 2023, meski transaksi meningkat drastis, tampaknya jaringan Dogecoin tidak menunjukkan tanda-tanda penundaan atau delay.

Meroketnya transaksi DOGE tidak lepas dari munculnya standar token DRC20 yang memungkinkan pengguna mencetak seni digital NFT. Seperti yang terjadi pada jaringan Bitcoin dengan BRC20-nya yang berhasil melahirkan inovasi baru di jaringan Bitcoin dalam bentuk Ordinal Bitcoin.

DRC20 atau biasa disebut juga sebagai Doginal yang menyebabkan peningkatan transaksi di jaringan Dogecoin itu mirip dengan yang terjadi pada Bitcoin beberapa bulan lalu. Bedanya, jaringan Dogecoin tidak berdampak pada kenaikan harga biaya transaksi sebagaimana yang dialami jaringan Bitcoin.

Mengutip laman Bitcoin.com News, bersamaan dengan lonjakan transaksi, jaringan Dogecoin, yang dapat digabungkan dengan Litecoin, telah mengalami peningkatan hashrate yang signifikan selama beberapa minggu terakhir. Sebagai gambaran, hashrate Scrypt yang didedikasikan untuk jaringan Dogecoin pada tanggal 9 Mei mencapai 638 terahash per detik (TH/s). Kemudian, hashrate tersebut telah meningkat sebesar 38,71 persen ke posisi saat ini yaitu 885 TH/s.

Kemunculan DRC20 berdampak positif bagi pengembangan DOGE pada khususnya, dan komunitas Dogecoin pada umumnya. Dengan begitu, patut dinantikan seni digital yang akan muncul dari jaringan ini.