Jaringan Ethereum Luncurkan Testnet Baru dalam <i>Upgrade</i> Shanghai
Ethereum alami peningkatan Shanghai. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Mata uang kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasarnya, Ethereum (ETH), telah melakukan transisi dari Proof-of-Work (PoS) ke Proof-of-Stake (PoS) dalam peningkatan yang disebut The Merge pada pertengahan September lalu. Kali ini ETH dilaporkan berencana meluncurkan peningkatan (upgrade) Shanghai.

Peningkatan ini rencananya diterapkan pada tahun depan. Pengembang Ethereum telah meluncurkan testnet untuk melakukan peningkatan jaringan Shanghai. Peningkatan ini akan menjadi peningkatan pertama setelah The Merge. Sebelum menerapkan peningkatan tersebut, pengembang rencananya akan meluncurkan testnet Shandong terlebih dulu.

Testnet Shandong memungkinkan pengembang untuk melakukan uji coba pada fase pengembangan Ethereum tahap berikutnya. Ini termasuk implementasi yang tepat dari penarikan Ether (ETH) yang di-stake. Menurut insinyur DevOps dari Ethereum Foundation, Parithosh Jayanthi, “testnet Shandong dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada pengembang untuk mencoba EIP potensial untuk menemukan masalah.”

Sejumlah Proposal Peningkatan Ethereum (EIP) saat ini sedang dipertimbangkan untuk dimasukkan ke Shanghai saat testnet ditayangkan. Ini berpotensi mengatasi beberapa masalah efisiensi dan skalabilitas yang mengganggu jaringan. Proposal yang paling diantisipasi di antara banyak proposal adalah EIP 4895.

Proposal tersebut memungkinkan penarikan ETH yang dipertaruhkan (stake) di Beacon Chain oleh pengguna, di samping hadiah apa pun yang diperoleh dari waktu ke waktu. Sebagaimana diketahui, mereka yang mempertaruhkan ETH sebagai bagian dari proses validasi transaksi di Beacon Chain belum dapat menarik kepemilikan atau hadiah mereka secara langsung. Sebaliknya, siapa pun yang bermaksud mengakses dana tersebut harus menggunakan token likuiditas yang mewakili aset mereka.

EIP lain yang sedang dipertimbangkan adalah 4844, yang melihat pengenalan proto-danksharding. Proposal tersebut berupaya memfasilitasi lebih banyak pemrosesan data di jaringan Ethereum, sehingga mengurangi biaya transaksi atau gas fee. Proto-danksharding juga akan memungkinkan jaringan Layer-2 seperti Optimism dan Arbitrum untuk memproses sejumlah besar transaksi ETH.

Berdasarkan laman resmi Ethereum, Proto-danksharding (alias. EIP-4844) adalah proposal untuk mengimplementasikan sebagian besar logika dan "perancah" (mis. Format transaksi, aturan verifikasi) yang membentuk spesifikasi Danksharding penuh, tetapi belum benar-benar menerapkan sharding apa pun. Dalam implementasi proto-danksharding, semua validator dan pengguna masih harus secara langsung memvalidasi ketersediaan data lengkap.

Meskipun banyak pengembang Ethereum tampak bersemangat tentang proto-danksharding, memasukkannya ke Shanghai akan memperpanjang waktu yang diperlukan untuk menguji dan memperbaiki peningkatan.

Proposal ketiga yang layak disebutkan dalam pertimbangan adalah EIP 3540. Terkait dengan salah satu EIP yang termasuk dalam Peningkatan London Ethereum (EIP 3541), proposal ini berkaitan dengan Mesin Virtual Ethereum (EVM). EIP 3540 berpotensi memfasilitasi pemisahan kode dan data, sehingga lebih mudah untuk menambahkan perubahan di masa mendatang ke EVM.

Jayanthi menjelaskan bahwa daftar akhir EIP yang dipertimbangkan untuk dimasukkan pada peningkatan Shanghai tidak akan selesai untuk sementara waktu. Sebaliknya, ini akan menjadi "salah satu poin pembicaraan utama setelah panggilan Semua Pengembang Inti dimulai lagi."