Bagikan:

JAKARTA - Menurut analis Orbit Markets, peningkatan Ethereum Shanghai dapat membawa volatilitas harga Ether yang berkelanjutan. Diperkirakan peningkatan Ethereum Shanghai akan memfasilitasi penarikan lebih dari 16,5 juta ETH yang dipertaruhkan (staked) dalam blockchain.

Peningkatan ini juga akan mengubah penawaran dan permintaan ETH baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, dan oleh karena itu mampu memberikan dampak yang signifikan pada harga ETH.

Peningkatan Shanghai dijadwalkan beberapa bulan setelah Penggabungan, yang membuat jaringan Ethereum lebih ramah lingkungan. Meskipun Penggabungan adalah pergeseran teknologi murni tanpa dampak ekonomi langsung, peningkatan Shanghai akan berbeda karena akan memberikan dampak signifikan pada harga ETH.

Para pedagang yang sebelumnya melakukan staking dapat membatalkan staking dan beralih ke aset lain yang menawarkan imbal hasil yang lebih baik, menciptakan tekanan jual yang besar pada harga ETH.

Sekitar 25 miliar dolar AS (sekitar RP379 triliun) dalam kripto ETH akan tersedia untuk penarikan dan penjualan, dan salah satu pendiri Orbit Markets merekomendasikan untuk membeli swap volatilitas ETH di tengah peningkatan Shanghai untuk mendapatkan keuntungan dari lonjakan turbulensi harga yang diantisipasi.

Testnet Shandong yang dilakukan pada Oktober lalu merupakan dasar bagi peningkatan Shanghai yang akan datang. Dalam testnet tersebut, insinyur DevOps Ethereum Foundation, Parithosh Jayanthi, menjelaskan bahwa Shandong memungkinkan pengembang untuk "mencoba potensi EIP untuk menemukan masalah." Ethereum tetap menjadi blockchain yang paling banyak digunakan, dengan mata uang asalnya ETH menjadi kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar.