Setelah The Merge, Ethereum Bakal Munculkan Pembaruan Upgrade Shanghai  pada 2023
Ethereum segera luncurkan Upgrade Shanghai. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Upgrade Ethereum Shanghai, menjadi peningkatan besar berikutnya setelah The Merge. Upgrade ini dijadwalkan untuk paruh kedua tahun 2023. Peningkatan tersebut akan menjadi tonggak penting karena akan memungkinkan pemegang yang telah mempertaruhkan Ether mereka  selama bertahun-tahun untuk menarik taruhannya  secara sistematis dan membuat jaringan lebih terukur.

Terlepas dari beberapa peningkatan skalabilitas utama, acara utama juga akan memasukkan beberapa proposal peningkatan Ethereum (EIP) kecil, termasuk EIP-3651, EIP-3855 dan EIP-3860. Di antara semua proposal peningkatan yang akan datang, EIP-3651, yang disebut WARM Coinbase, dapat menjadi pengubah permainan yang dapat mengurangi biaya jaringan untuk beberapa peserta jaringan utama yang disebut pembangun.

Coinbase di sini adalah nama perangkat lunak yang digunakan pembangun untuk menerima token baru di jaringan. Setiap transaksi baru di platform perlu berinteraksi dengan perangkat lunak Coinbase beberapa kali, Interaksi pertama lebih mahal karena perangkat lunak perlu "pemanasan", dan kemudian biayanya menurun seiring meningkatnya interaksi. Namun, dengan diperkenalkannya EIP-3651, perangkat lunak Coinbase akan tetap hangat untuk memulai, sehingga membutuhkan biaya gas yang lebih rendah untuk mengaksesnya.

Seperti namanya, pembangun bertanggung jawab untuk mengemas transaksi Ethereum ke dalam blok, sehingga disebut pembangun blok. Transaksi ini kemudian diteruskan ke validator, yang menempatkannya dalam urutan yang benar di blockchain.

Pembangun ini dibayar oleh pedagang untuk mengatur transaksi di blok dalam urutan tertentu, yang berarti pedagang membayar biaya gas yang lebih tinggi untuk mendapatkan transaksi mereka divalidasi lebih awal. Saat ini, Flashbots adalah pembangun terbesar di ekosistem Ethereum yang mencakup 80% dari blok yang direlai.

Sementara validator yang menggunakan pembangun akan mendapat manfaat paling besar dari peningkatan, pedagang yang menggunakan pembangun untuk mengeksekusi perdagangan mereka juga bisa mendapatkan keuntungan, karena mereka tidak lagi harus membayar biaya transaksi untuk perdagangan yang gagal. Pedagang saat ini juga dikenakan biaya untuk transaksi yang gagal karena penambang perlu mengkonfirmasi transaksi ke rantai apakah mereka berhasil atau gagal.

Versi testnet untuk peningkatan Shanghai yang dijuluki Shandong ditayangkan pada 18 Oktober, dan pengembang Ethereum akan mengerjakan berbagai implementasi hingga September 2023.